Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Ungkap Kasus Korupsi Lainnya, Setelah Mamin KPU, Kejari Masuk ke Finger Print

30
0
Hernawan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis

CIAMIS – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis mengapresiasi langkah Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis yang telah menahan mantan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran Pa atas dugaan penyalahgunaan dana hibah makan dan minum (mamin) dan alat tulis kantor (ATK) KPU.

“Saya apresiasi Kejaksaan Ciamis tapi sedikit, karena yang lain belum selesai,” kata Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis Hernawan kepada Radar, Jumat (11/10).

Menurut Hernawan, penahanan tersangka Pa belum cukup. Kejari masih punya tanggung jawab untuk mengungkap kasus dugaan korupsi lainnya. Seperti dugaan korupsi pengadaan mesin sidik jari (finger print) di instansi pendidikan, kecamatan dan puskesmas; retribusi Situ Lengkong Panjalu; revitalisasi Alun- Alun Ciamis; dan pembangunan Balai Benin Ikan (BBI) di Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg.

“Kami HMI akan tetap mengawal kasus-kasus yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Ciamis sampai tuntas,” tutur dia kepada Radar, Jumat (11/10) siang.

HMI mendorong Kejari Ciamis untuk menyelesaikan pengungkapan kasus dugaan korupsi lainnya hingga Desember 2019. Penghitungan kerugian negara atas kasus finger print yang masih ditangani oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) harus lebih diefektifkan agar bisa berlanjut ke tahap berikutnya. “Bila tidak selesai di tahun 2019, kami rencanakan akan audiensi ke yang lebih tinggi yakni ke Kejaksaan Agung agar ada atensi penyelesaian kasus korupsi di Ciamis,” tutur dia.

Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Sri Respatini SH MHum mengakui ada beberapa kasus korupsi yang masih jadi pekerjaan rumah (PR). Namun, dia memastikan kasus-kasus tersebut akan diselesaikan secara bertahap sesuai dengan standard operating procedure (SOP) yang ada. Kasus-kasus itu saat ini semuanya masih diproses di BPKP. “Kami selesaikan satu-satu, selesai KPUD Pangandaran. Nanti tinggal finger print, setelah itu retribusi Situ Lengkong Panjalu dan yang lainnya,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.