Dari 286 Orang yang Mendaftar, Hanya 8 Orang Akan Diterima

Uniga Menyeleksi Calon Mahasiswa

94
0
ANTUSIAS. Ratusan calon mahasiswa mengikuti tes wawancara. Dari 286 calon mahasiswa, hanya akan ada 8 mahasiswa yang diterima Universitas Garut. Uniga untuk Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Universitas Garut (Uniga) mulai melakukan tes wawancara kepada 286 calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur beasiswa Bidikmisi. Rektor Uniga Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng mengatakan penerimaan mahasiswa baru dalam program beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Ristek dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk tahun akademik 2019-2020 hanya 8 kursi.

Jumlah kuota tersebut mengalami penurunan dibandingkan penerimaan tahun sebelumnya. Saat itu mencapai 10 kursi. Syakur bersedih karena banyak calon mahasiswa Uniga yang daftar di jalur tersebut tidak akan lolos. “Sekarang yang daftar itu ada 286 orang, kalau hanya diterima 8 orang, 278 calon mahasiswa pasti gugur,” ujarnya.

Syakur menerangkan banyaknya pendaftar pada jalur Bidikmisi menggambarkan banyaknya masyarakat yang terkedala masalah biaya, tapi mempunyai motivasi besar untuk melanjutkan kuliah. Pihaknya berharap dermawan bisa membantu para calon mahasiswa, karena yang daftar pada umumnya merupakan pelajar yang mempunyai prestasi cukup baik di sekolahnya.

“Tahun kemarin alhamdulillah Uniga menadapat bantuan dari jalur aspirasi anggota DPR RI Komisi VII Fraksi PDIP Pak Dony Maryadi Oekon sebanyak 150 kursi dan 50 kursi dari anggota DPR RI Komisi X Fraksi Golkar Pak Ferdiansyah,” tuturnya.

Tahun ini, dirinya berharap wakil rakyat dan pemerintah kembali memberikan bantuan, sehingga semakin bertambah kesempatan bagi mereka yang ingin kuliah, tapi terkekndala masalah ekonomi.

Syakur menambahkan sebenarnya biaya pada program Bidikmisi tidak bisa menutupi biaya kuliah per semester, kekurangan biaya tersebut selama ini ditanggung pihak kampus. “Meskipun Uniga itu universitas swasta yang tidak mendapat subsidi dari pemerintah, tapi kami memutuskan akan terus membantu apalagi mereka mayoriotas pelajar yang mempunyai prestasi yang baik. Sayang kalau tidak dibantu,” terangnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Uniga Dr Gugun Geusan Akbar MSi mengungkapkan tahun ini pendaftar program Bidikmisi terus meningkat. Sampai awal Juli 2019, tercatat 286 pendaftar dan tidak menutup kemungkinan terus bertambah.

Gugun menambahkan, 286 peserta Bidikmisi ini tidak hanya datang dari Kabupaten Garut, tetapi dari luar seperti Sukabumi, Tasikmalaya bahkan Sumatra Barat dan Kepulawan Riau. ”Program Bidikmisi ini banyak peminatnya,” ujarnya. (yna/rls)

Antusias Program Bidikmisi Tinggi

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.