Unit Dikyasa Akan Bentuk Kampung Tertib Lalu Lintas

44

TASIK – Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Kota berencana membentuk Kampung Tertib Lalu Lintas. Dikyasa mengusulkan Perum Baitul Marhamah 3 Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari sebagai pilot project program keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) itu.

Kanit Dikyasa Polres Tasikmalaya Kota Ipda Asep Kusnadi menjelaskan Kampung Tertib Lalu Lintas adalah sebuah program unggulan yang akan dijadikan role model atau desain dalam perubahan perilaku. Sanksi hukum yang diterapkan di Kampung Tertib Lalu Lintas adalah pendekatan moral dan hukum adat setempat.

Diatambah, Unit Dikyasa merupakan sebagai pemrakarsa. Sedangkan pelaksanaannya adalah dari masyarakat yang mempunyai kepedulian terhadap pentingnya tertib dalam berlalu lintas. “Tujuan utama program ini adalah keselamatan,” ujarnya saat koordinasi dengan pengurus RW, RT dan tokoh masyarakat di Perum Baitul Marhamah 3 Rabu (28/11) malam.

Pengurus RW, RT dan tokoh masyarakat merespons positif rencana Unit Dikyasa. Mereka berharap program ini memberikan manfaat bagi keselamatan pengguna jalan raya.

Terkait keselamatan berlalu lintas, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jabar Kompol Maria Horet Hera SH menjelaskan Kamseltibcar Lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) dapat terwujud tidak terlepas dari pengguna jalan itu sendiri. Perubahan mind set dan culture set sangat menjadi kunci keberhasilan.

“Budaya berlalu lintas harus dimulai dari lingkup yang terkecil. Jika dari kampung —dari lingkup yang kecil— sudah dapat tertib, maka di lingkup yang lebih besar yaitu lingkup jalan kabupaten dan jalan provinsi akan tertib juga,” katanya.

Dia mengakui kesadaran berlalu lintas masyarakat Jawa Barat hingga saat ini masih tergolong rendah. Hal itu ditandai dengan masih tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Tingkat disiplin masyarakat yang rendah bisa diketahui dari perilaku di jalan raya. (lan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.