Universitas Galuh Mengadakan Seminar Nasional Pertanian

115
0
ISTIMEWA MEMOTIVASI MAHASISWA. CEO/Founder Agrisocio Indonesia Alfi Irfan SE memotivasi mahasiswa Fakultas Pertanian Unigal Ciamis saat Seminar Nasional Pertanian di Auditorium Unigal Sabtu (21/12).
ISTIMEWA MEMOTIVASI MAHASISWA. CEO/Founder Agrisocio Indonesia Alfi Irfan SE memotivasi mahasiswa Fakultas Pertanian Unigal Ciamis saat Seminar Nasional Pertanian di Auditorium Unigal Sabtu (21/12).

CIAMIS – Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis mengadakan Seminar Nasional Pertanian di Auditorium Unigal, Sabtu (21/12). Seminar tersebut memberikan motivasi ratusan mahasiswa dalam memajukan sektor pertanian.

Wakil Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh Gian Grestiana mengatakan mahasiswa Fakultas Pertanian Unigal dimotivasi untuk berwirausaha di daerahnya masing-masing. Mereka harus jeli melihat potensi kondisi sumber daya alam, sehingga mampu dikembangkan tanaman apa saja sebagai komoditinya.

Oleh karena itu, panitia menggelar seminar nasional bertema Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Guna Menunjang Revolusi Industri 4.0.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, mulai dari keluar gedung mahasiswa dapat termotivasi untuk ada pemikiran mulai bergerak untuk ambil alih atau ambil peran dalam pembangunan pertanian menuju Era Revolusi Industri 4.0. minimal mulai dari daerahnya sendiri,” kata dia kepada Radar, Sabtu (21/12).

Menurutnya, Indonesia saat membutuhkan generasi milenial yang mampu mengembangkan pertanian efektif dan mengikuti perkembangan zaman. Artinya saat ini krisis regenerasi petani muda yang inovatif dan kreatif.

“Maka dari itu, seminar ini bertujuan kita membangun regenerasi petani muda yang mempunyai semangat berinovasi dan berprestasi,” ujar dia.

Ketua Panitia Seminar Nasional Ari Kurniawan Ramdani menjelaskan 450 mahasiswa Fakultas Pertanian Unigal dan petani muda mengikuti seminar nasional pertanian tersebut.

Narasumber seminar tersebut adalah Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan, Pusat Pendidikan Pertanian, BPPSDMP, Kementerian Pertanian RI Dr Ismaya Nita Rianti Parawansa SP MSi, Presiden Pelatihan Anak Tani Remaja (Patra) Indonesia K Imam Soejono dan CEO/Founder Agrisocio Indonesia Alfi Irfan SE.

“Seminar tersebut berisi tentang mengajak kepekaan mahasiswa di bidang pertanian bagi pemuda yang ada di daerah tersebut,” katanya.

Selain itu, seminarnya mengarahkan setiap daerah mempunyai potensi pertanian tersendiri maka dari itu mahasiswa harus menfaatkan peluang agar mampu bersaing di dunia global. Misalnya, ada pengusaha muda Agrisocio di bidang pertanian cabai. Pengusaha itu dipertemukan langsung petani cabai Ciamis Sukamantri dengan membahas Agropolitan di Ciamis untuk kemajuan pertanian daerah.

“Mengajak semua mahasiswa pertanian agar lebih semangat lagi membangun pertanian dengan mengusung kearifan lokal,” ujarnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.