601 Mahasiswa Ikuti KKN Tematik Angkatan Ke-2

Unper Gali Potensi Desa

84
0
APRESIASI. Rektor Unper Tasikmalaya Prof Dr H Yus Darusman MSi (kiri) menyerahkan cenderamata kepada Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Opan Sopian MPd Kamis (18/7). Penyerahan dilakukan saat acara pelepasan KKN angkatan ke-2. Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya melepas 601 mahasiswanya untuk mengikuti kuliah kerja nyata (KNN) angkatan ke-2. Pembekalan dan pelepasan dilakukan di Halaman Kampus Unper Kamis (18/7).

Rektor Unper Tasikmalaya Prof Dr H Yus Darusman MSi mengatakan pada KNN tematik sekaligus Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ini mahasiswa disebar di 48 desa 9 kecamatan Se-Kabupaten Tasikmalaya. Pelaksanaannya selama 35 hari mulai 18 Juli sampai 21 Agustus 2019.

“Melalui KKN ini, ilmu pengetahuan dan teknologi terpadu yang telah didapat di kampus akan diaplikasikan di lingkungan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya bagian utara,” ujarnya.

Lanjutnya, KKN ini menggabungkan dua prinsip yaitu multi linier dan multi sektoral. “Maksudnya, KKN angkatan ke-2 ini diikuti mahasiswa dari sepuluh jurusan yang berbeda. Dengan latar belakang ilmu yang berbeda ini, mereka bisa mengembangkan pemberdayaan masyarakat dari berbagai sisi,” ujarnya.

Mahasiswa tersebut menggarap program tersusun terstruktur dan sistematis dengan menggunakan metode Critical Path Method (CPM). Metode itu digunakan dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan memperkenalkan teknologi tepat guna kepada masyarakat.

“Mahasiswa yang tersebar di desa-desa tersebut tentunya dapat mendorong suksesnya pembangunan desa. Selama KKN, mahasiswa melakukan pembinaan dalam membimbing masyarakat di pedesaan agar mutunya lebih meningkat,” ujar dia.

Loading...

Beberapa fokus program yang dilaksanakan KKN Unper angkatan ke-2 ini antara lain menjaga hasil pertanian dari serangan hama tikus dengan memelihara burung hantu. Selain itu melakukan intensifikasi peternakan ayam kampung dengan memperhatikan kesehatan lingkungan.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Opan Sopian MPd merasa bangga dan terbantu dengan kegiatan KKN angkatan ke-2 Unper Tasikmalaya.

Banyaknya mahasiswa yang KKN di pedesaan bisa mengembangkan potensi di berbagai bidang dan meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kabupaten Tasikmalaya.

“Melalui KKN Unper ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan. Mahasiswa nantinya akan membantu pemerintah dalam mengidentifikasi dan mendata anak-anak yang belum sekolah atau putus sekolah,” kata dia.

Ketua Umum Pengurus Yayasan Universitas Siliwangi Brigjen TNI (Purn) Dr H Dedem Ruchlia Drs MSi mengatakan kegiatan KKN angkatan ke-2 ini merupakan kesempatan untuk pengabdian kepada nusa bangsa. Caranya dengan memajukan desa dan mengoptimalkan sumber daya alam. “Ketika terjun di masyarakat, mahasiswa harus sopan dan santun, patuhi peraturan di desa setempat dan harus mempelajari banyak hal. Kembangkan potensi di desa supaya masyarakatnya makmur,” katanya. (mg1)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.