Unsil Buka Tes Jalur SBMPTN, Nih Infonya

1767
0

KOTA TASIK – Satu-satunya universitas negeri di Kota Tasikmalaya, tahun ini Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) membuka pendaftaran melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pendaftaran telah dibuka secara online sejak 5 April lalu dan berakhir pada 27 April 2018. Sebanyak 1.025 kursi atau 40% dari jumlah total calon mahasiswa baru yang akan diterima, yakni sebanyak 2.563 kursi.

“Sebelumnya di jalur SNMPTN kami menerima sebanyak 770 orang, atau sekitar 30% dari keseluruhan PMB (penerimaan mahasiswa baru,red). Untuk SBMPTN target kuotanya sebesar 40%,” ungkap Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsil Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi, saat ditemui di kampus Unsil Kota Tasikmalaya, Jumat (20/4/2018).

Untuk pelaksanaan tes SBMPTN, di sub panitia lokasi (subpanlok) Tasikmalaya sendiri terbagi menjadi 2 jenis. Yakni ujian tulis berbasis cetak (UTBC) untuk 4.000 orang peserta tes, dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk 100 orang peserta tes.

“Tempat tes SBMPTN UTBK dilaksanakan di UNSIL dan sudah kami sediakan perangkat komputernya. Sementara untuk UTBC dilaksanakan di SMAN 1 Kota Tasik, SMAN 2, SMAN 3, dan di dua lokasi di SMK,” paparnya.

Selain membuka jalur penerimaan melalui SBMPTN, jelas Deden, Unsil juga akan melaksanakan ujian seleksi mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri (UM) dengan target kuota sebesar 30% atau untuk 768 orang.

Melalui 3 jalur PMB ini, Deden mengharapkan bisa menjaring calon mahasiswa baru yang berkualitas dan mampu bersaing. Meski demikian, pihaknya mengaku bahwa akan tetap mengutamakan calon mahasiswa asli Tasik.

“Unsil juga diutamakan harus bisa dinikmati oleh warga sekitar. Kalau Unpad mah nyaah ka Jabar. Nah Unsil ini, nyaah ka Tasik,” katanya.

Saat ini Unsil menawarkan pilihan sebanyak 22 prodi S1 untuk tes SBMPTN 2018 yang dapat diikuti oleh siswa lulusan SMA/MA IPA, SMA/MA IPS, SMA/MA Bahasa, dan SMA/MAK/MA Jur Keagamaan.

Prodi favorit di Unsil sendiri ada 5 prodi dengan jumlah pendaftar terbanyak secara berturut-turut yakni Manajemen, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, Teknik Informatika, dan Agribisnis. (sal)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.