Unsil Sosialisasikan Manfaat Tanaman untuk Tingkatkan Imun

28
0
ISTIMEWA. PENGABDIAN MASYARAKAT. Program Studi Agribisnis, Program Pascasarjana Unsil melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menyosialisasikan tanaman untuk peningkat imun dalam pencegahan Covid-19 di Desa Setiawati Kecamatan Cibalong, Selasa (12/1).
ISTIMEWA. PENGABDIAN MASYARAKAT. Program Studi Agribisnis, Program Pascasarjana Unsil melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menyosialisasikan tanaman untuk peningkat imun dalam pencegahan Covid-19 di Desa Setiawati Kecamatan Cibalong, Selasa (12/1).
Loading...

TASIK – Program Studi Agribisnis, Program Pascasarjana Universitas Siliwangi melaksnakan Pengabdian Masyarakat di Desa Setiawati Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (12/1).

Dalam pengabdian masyarakat ini memberikan edukasi pencegahan penularan Covid 19 dari mahasiswa dan edukasi pemanfaatan Toga (Tanaman Obat Keluarga) sebagai alternatif peningkat imun tubuh.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh, Direktur Program Pascasarjana Universitas Siliwangi Dr H Ade Komaludin SE, MSc, Ketua Program Studi Agribisnis Pasca Sarjana Dr Hj Candra Nuraini SP MSi, Dosen Pembimbing, Kepala Desa Setiawati Bapak Asep Gunawan dan perwakilan perangkat desa serta tokoh masyarakat setempat.

Ketua Panitia PPM, Ida Widiawati SPd mengatakan, sasaran dalam kegiatan ini yakni masyarakat Desa Setiawati, lansia dan anak yatim perwakilan dari 13 dusun.

“Kegiatan ini juga didukung oleh ICSD (Institute for Civil Society Development) dan Unilever dengan kegiatan edukasi pencegahan penularan Covid-19 serta edukasi pemanfaatan Toga sebagai obat alternatif peningkat imun tubuh untuk pencegahan Covid-19,” kata dia.

Loading...

Di samping itu juga ada santunan anak yatim piatu dan lansia, kemudian memberikan bantuan peralatan kebersihan bagi beberapa masjid di lingkungan Desa Setiawati. “Diharapkan dengan bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” kata dia.

Sementara, Direktur Program Pascasarjana Dr H Ade Komaludin SE MSc mengatakan, program pengabdian masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib diikuti oleh mahasiswa.

“Kami berharap melalui pelaksanaan kegiatan ini masyarakat akan memperoleh kebermanfaatan dan kerja sama yang dilakukan bisa terus berlanjut tidak hanya sampai di sini,” kata dia.

Kata dia, untuk keberlangsungan kegiatan edukasi itu, karena di daerah tersebut banyak potensi sumber daya lokal yang bisa dimanfaatkan dan dikerjasamakan dengan Unsil sebagai lembaga perguruan tinggi yang siap untuk melakukan pendampingan. “Ke depannya kami siap membatu masyarakat dalam pengembangan potensi lokal,” kata dia.

Kepala Desa Setiawaras Asep Gunawan bersyukur karena kedatangan pihak Universitas Siliwangi melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di daerahnya.

“Kami berharap dapat dijadikan desa binaan Universitas Siliwangi, mengingat banyak sumber daya lokal terutama di sektor pertanian dan pariwisata yang berpotensi untuk dikembangkan, misalnya Goa Ranggawulung dan Curug Nini dan yang lainnya,” harap dia.

Mahasiswa, Dian Hadian menyampaikan materi terkait pencegahan penularan Covid-19 melalui 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak). Selain itu Tanaman Obat Keluarga yang dapat dimanfaatkan sebagai peningkat imun tubuh sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan, di antaranya pegagang, bawang putih, temu lawak (koneng gede, bahasa sunda), kunyit. Meniran, temu mangga (koneng bodas, bahasa sunda).

“Tanaman obat itu perlu diketahui oleh masyarakat, sebagi salah tumbuhan yang bisa di jadikan obat khusunya peningkatan imun di masa pandemi seperti saat ini,” katanya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.