Unsil Taekwondo Competition se-Jabar Segera Digelar

137

UNSIL – Kompetisi Taekwondo tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Siliwangi (Unsil), Kota Tasikmalaya, tanggal 27 hingga 28 April 2019.

Ketua Pelaksana Taekwondo Competition, Muhammad Rizal Zulfani mengatakan, Unsil baru pertama kali mengadakan taekwondo tingkat provinsi Jawa Barat.

“Tiga tahun sebelumnya hanya pada tingkat kota, dan ini baru pertama kalinya tingkat provinsi. Untuk peserta sudah mencapai 810 atlet yang terdiri dari Kyurugi dan Poomsae. Kegiatan diselenggarakan di Mayasari Sport Hall,” ujarnya.

Tim yang mengikuti kejuaraan, kata dia, sebanyak 68 tim dari 27 pengurus cabang (Pengcab) di Jawa Barat.

Sementara itu, Komisi Wasit Pencab Kota Tasikmalaya Asep Ali Muttaqin menuturkan, pertandingan akan dilaksanakan menggunakan Digital Scoring System (DSS). Dimana, menggunakan new competition rule yang sudah disosialisasikan di seluruh Indonesia.

“Aturan terbaru tersebut yaitu tendangan putar ke badan menjadi poin empat, yang tadinya hanya tiga poin. Terus tendangan putar ke kepala, yang semula poin-nya empat menjadi lima. Itu mungkin perubahan perubahannya yang paling mendasar dari segi poin dari peraturan yang terbaru,” terangnya.

Jumlah wasit yang diikutsertakan, lanjut Asep, diperkirakan sebanyak 36 orang. Wasit tersebut untuk memimpin pertandingan seperti Kyurugi dan Poomse yang terbagi menjadi beberapa kategori.

“Kategori Supercadet pesertanya usia 11 tahun kebawah, Cadet pesertanya usia 12-14 tahun, Junior pesertanya usia 15-17 tahun, dan Senior peserta usianya 18 tahun keatas,” tandasnya

Di tempat sama, Dewan Guru Taekwondo Kota Tasikmalaya, Agus Rolex menambahkan, dari hasil pertandingan diharapkan bisa mencetak atlit-atlit untuk dipersiapkan tiga tahun atau empat tahun ke depan.

“Mudah-mudahan dengan adanya event Unsil ini, setidaknya bisa membantu program Pengcab untuk kedepannya dan membentuk atlit handal Kota Tasikmalaya,” harapnya.

Selain itu, Pengurus Cabang Taekwondo Kota Tasikmalaya, Suki mengharapkan acara ini lebih meriah lagi, sukses dan tidak ada hambatan apa-apa. “Pada intinya acara ini berjalan lancar,” tandasnya. (anshari)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.