Unsil Umumkan Hasil SBMPTN 2019

1440
0
PENGUMUMAN SBMPTN. Unsil mengumumkan hasil SBMPTN 2019 di papan informasi depan Gedung Rektorat Unsil Selasa (9/7). Dari 17.369 pendaftar, yang diterima 1.533 orang. Fatkhur Rizqi /Radar Tasikmalaya

TASIK – Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 Selasa (9/7). Pengumuman SBMPTN dilakukan secara serentak di semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Se-Indonesia pada pukul 15.00.

Rektor Unsil Prof Dr H Rudi Priyadi Ir MS mengatakan calon mahasiswa yang mendaftar ke Unsil jalur SBMPTN mencapai 17.369 pendaftar. Namun daya tampungnya 1.533 orang atau 8,8 persen dari total pendaftar.

“Dari 22 program studi (prodi), Prodi Manajemen paling banyak peminatnya sebanyak 1.595 pendaftar, padahal kuotanya hanya 98 mahasiswa,” ujarnya.

Empat prodi lainnya yang tak kalah diminati yakni Prodi Kesehatan Masyarakat sebanyak 1.478 pendaftar, Prodi Agroteknologi sebanyak 1.121 pendaftar, Prodi Ekonomi Pembangunan sebanyak 1.062 pendaftar dan Prodi Gizi sebanyak 992 pendaftar.

“Ke depannya sebagai patokan ada passing grade (batas nilai minimal) untuk masuk di masing-masing jurusan yang tersedia di Unsil,” ujarnya.

Passing grade ini akan diterapkan pada SBMPTN Prodi Sains dan Teknologi (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum). “Ke depannya jelas harus ada program passing grade. Hasil ini, bisa menjadi acuan untuk menentukan nilai masing-masing Prodi,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsil Prof Dr Deden Mulyana SE MSi menjelaskan animo yang tinggi terhadap lima prodi tersebut mestinya menjadi nilai patokan passing grade (nilai batas bawah, Red) di Unsil. Namun, penentuan nilai batas untuk mendaftar program studi di PTN belum ditentukan passing grade.

Sebab, kata ia, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) lah yang berhak mengeluarkan nilai dari ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sebagai passing grade di PTN Se-Indonesia. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.