Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4%

19.6%

8.1%

68.3%

Upacara 17 Agustus di Tengah Sungai Cileueur Ciamis

122
0
UPACARA. Muda mudi dan warga Janggala Kelurahan Ciamis menggelar upacara HUT RI ke-75 di Sungai Cileueur, Senin (17/8). IMAN  S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Warga Janggala Kelurahan Ciamis menggelar upacara HUT RI ke-75 di Sungai Cileueur, Senin (17/8) pukul 07.00.

Pelaksanaan berjalan seperti biasa lengkap dengan pengibar bendera, paduan suara, inspektur dan pembina upacara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Pembudidaya Ikan Hias Mekarjadi Ciamis Perlu Perhatian Pemerintah

Panitia Pelaksana Upacara Himawan Sasongko mengatakan, upacara di tengah sungai ini baru pertama kali dilaksanakan. Sebelum dimulai, sungai terlebih dulu dibersihkan dari sampah atau benda-benda yang membahayakan.

“Awalnya kita menggelar upacara di tengah sungai ini karena di Janggala tidak ada lapangan atau lahan yang cukup untuk menyelenggarakan upacara. Sehingga warga berinisiatif untuk menggelar upacara di tengah sungai yang ada di sekitar perkampungan warga,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, walaupun pelaksanaan di tengah sungai tetap upacara berjalan dengan khidmat.

“Walaupun di sungai upacara ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, sekaligus mencintai lingkungan dan menjaga kebersihan sungai, baik anak-anak serta masyarakat lainnya,” paparnya.

“Dalam kondisi pandemi ini, kami belum sepenuhnya merdeka. Mudah-mudahan wabah ini segera berakhir dan ke depan bisa memeriahkan kemerdekaan seperti biasanya,” katanya, menambahkan.

Tedi, warga lainnya mengaku kagum kepada keinginan muda mudi dan warga untuk melaksanakan upacara di tengah sungai.

“Saya sendiri baru pertama kali menyaksikan upacara di tengah sungai. Walaupun tidak lazim, tapi upacara tetap berjalan dengan khidmat,” ucapnya.

Baca juga : Lansia Jadi Pengibar Bendera HUT RI di Sindangkasih Ciamis

Kata dia, makna lain dalam pelaksanaan upacara di sungai pun menunjukkan bahwa muda mudi tetap ingin memeriahkan kemerdekaan walaupun kondisinya tidak ada lapangan atau lahan yang memadai.

“Alhamdulillah rasa cinta muda mudi dan warga dalam memeriahkan kemerdekaan begitu besar dengan rela melaksanakannya di tengah sungai,” ujarnya, menambahkan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.