Upayakan UKM Memiliki Mitra

106
0
TERA ULANG. UPTD Metrologi dan Legal melakukan tera timbangan dari beberapa warung sembako dan beberapa pedagang di pasar. Pihaknya menargetkan seluruh timbangan di Kota Banjar ditera ulang. Dinas KUKMP juga memprogramkan kemitraan UKM. Cecep herdi / radar tasikmalaya
TERA ULANG. UPTD Metrologi dan Legal melakukan tera timbangan dari beberapa warung sembako dan beberapa pedagang di pasar. Pihaknya menargetkan seluruh timbangan di Kota Banjar ditera ulang. Dinas KUKMP juga memprogramkan kemitraan UKM. Cecep herdi / radar tasikmalaya
Loading...

BANJAR – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan (KUKMP) dan Industri Kota Banjar Saifudin akan menggandeng Kadin, Hipmi, Dekopinda, Dekranasda untuk mencari mitra di luar kota. Langkah tersebut dilakukan guna memecah persoalan pemasaran usaha kecil menengah (UKM) dan koperasi.

Menurut Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Saifudin, mitra pemasaran nantinya akan membantu memasarkan produk-produk UKM. Tahun lalu, mitra UKM yang sudah bekerja sama adalah dodol garut dengan produk UKM ranginang coklat (rangicok).

“Tahun ini kami menargetkan para pelaku UKM mendapat mitra yang cocok untuk membantu bidang pemasarannya. Karena memang selama ini yang menjadi kendala adalah persoalan pemasaran. Banyak produk dihasilkan UKM, namun masih terbentur proses pemasarannya,” kata Saifudin Senin (6/1).

Teknisnya, kata dia, nanti para mitra akan menerima produk UKM dan menjualnya di outlet-outle-nya.

“Ruang lingkup mitra juga tidak hanya di wilayah Priangan Timur, bisa kemana saja yang penting kerjasamanya baik dan saling menguntungkan. Mitra mendapat tambahan produk di outlet-nya dan UKM terbantu untuk pemasaran produknya. Terlebih kami ingin mendorong kemitraan UMKM dan Koperasi dengan pelaku usaha di Kota Banjar sama-sama berhasil,” kata dia.

Dampaknya, kata dia, akan terasa pada kesejahteraan palaku UMKM. Ketika pemasaran produknya sudah baik dan produksinya sudah meningkat, maka pendapatan UKM juga otomatis bertambah.

“Selain kemitraan UKM, nanti kami juga bekerja sama dengan Kadin dan lainnya akan mengajak pengusaha rumah makan, apotek untuk bisa bermitra dengan UMKM. Nanti ada program kemitraan dan kami akan mendatanya,” kata dia.

Loading...

Selain konsen di pemasaran, Dinas KUKMP Kota Banjar juga mengebut soal perlindungan konsumen. Yakni timbangan metrologi legal. Kata dia, UPTD Metrologi dan Legal di bawah Dinas KUKMP sudah memiliki izin operasional untuk melakukan tera dan tera ulang ke pasar dan warung-warung di pedesaan.

“Kami juga tengah konsen untuk perlindungan konsumen yakni timbangan yang biasa digunakan para pedagang baik di pasar maupun di pertokoan dan warung, termasuk SPBU. Kami targetkan tahun 2020 ini pasar sudah tertib ukur. Artinya seluruh timbangan yang ada di seluruh pasar di Kota Banjar sudah ditera ulang,” kata dia.

Pihaknya juga sudah mengusulkan Raperda Retribusi Timbangan Tera dan Tera Ulang. Raperdanya kini sudah sampai ke Mendagri dan dalam tahap evaluasi.

“Raperdanya sudah dibahas di dewan dan sekarang sudah di Mendagri. Raperda itu untuk menentukan atau sebagai dasar hukum pemungutan retribusi tera dan tera ulang. Kalau untuk sementara saat ini kami masih memberikan pelayanan gratis karena Raperdanya belum disahkan,” ujarnya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.