Urine Sopir Diperiksa

34
0
PERIKSA URINE SOPIR. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis memeriksa urine sopir angkutan umum di Terminal Ciamis Selasa (10/12). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Tim gabungan Polres Ciamis, Badan Narkotika Nasional (BNN), Dinas Perhubungan dan TNI memeriksa kesehatan sopir dan tes urine. Awak angkutan itu menjalani pemeriksaan urine di Terminal Ciamis Selasa (10/12) sekitar pukul 09.00 di Terminal Ciamis. Hasilnya, tidak ditemukan sopir yang menggunakan narkoba.

Kepala Seksi (Kasi) Berantas BNN Kabupaten Ciamis Kompol Ricky Lesmana menjelaskan tes urine kepada sopir angkutan umum itu untuk persiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru. Di momen tersebut, biasanya terjadi peningkatan penumpang dan mobilitas kendaraan. Maka, pihaknya melakukan tes urine kepada semua sopir. Tujuannya, untuk mengecek apakah ada sopir yang menggunakan narkoba atau obat terlarang.

Hasil tes urine kepada seluruh sopir, kata dia, tidak ditemukan yang menggunakan narkotika dan obat terlarang.

“Tapi ada beberapa sopir yang memiliki tekanan darah di atas normal, makanya diimbau untuk cukup beristirahat dan tak memaksakan diri melanjutkan perjalanan ketika kepala pusing,” ujarnya kepada wartawan.

Tes urine sopir juga mencegah peredaran narkotika di kalangan sopir angkutan umum. “Makanya upaya kami melakukan pencegahan, guna keamanan dan kenyamanan juga saat berkendara, serta keselamatan bagi penumpangnya juga,” tuturnya.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Sopyan menjelaskan, selain pemeriksaan urine sopir angkutan umum oleh BNN, dilakukan juga pemeriksaan kelayakan angkutan umum di Terminal Ciamis. Hasil pemeriksan, ada lima bus yang tidak laik jalan. Ada yang pengeremannya tidak berfungsi dengan baik, sementara empat bus lainnya izin trayeknya sudah kedaluarsa. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.