Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Urus Adminduk Bisa via WhatsApp

86
0
TUNJUKKAN. Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya H Imih M Munir menunjukkan nomor operator kecamatan yang ditugaskan memberi pelayanan adminduk via WhatsApp, Senin (18/2).Firgiawan / Radar Tasikmalaya

INDIHIANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya menjajal sistem pelayanan online dalam administrasi kependudukan (adminduk). Semula pelayanan adminduk dilaksanakan di kantor dinas, kini cukup ditangani di level kecamatan.

Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya H Imih M Munir menjelaskan masyarakat kini tak lagi harus mendatangi kantor pelayanan di Disdukcapil kemudian bolak-balik ketika persyaratan adminduk kurang. Apalagi, harus mengantre di pelayanan dinas. “Jadi kita sudah share ke tiap kelurahan dan kecamatan, operator yang menangani pelayanan via aplikasi WhatsApp. Ini optimalisasi teknologi informasi untuk memudahkan pelayanan masyarakat,” ujarnya kepada Radar, Senin (18/2).

Menurutnya, masyarakat saat ini tinggal menghubungi via WhatsApp petugas khusus pengurusan adminduk yang setiap kecamatan terdiri dari dua orang. Kemudian, persyaratan dikirim via WhatsApp dengan cara difoto oleh pemohon. “Jadi tinggal japri (jaringan pribadi, Red) saja petugas kami di kecamatan. Nanti fisik persyaratannya tinggal diserahkan saat mengambil adminduk yang sudah beres. Ketika datanya benar dan lengkap bisa langsung proses,” tuturnya.

Imih menceritakan pelayanan itu sebagai turunan visi misi wali kota yakni mewujudkan Tasik Berbudi (Berbudaya Digital). Inovasi program itu untuk mempermudah masyarakat. “Poin keempat dalam program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) adalah menuju masyarakat bahagia, salah satunya dengan pelayanan yang tidak lagi ribet. Waktu tidak terbuang berjam-jam untuk ngantre,” ucap dia.

Sejak mulai dioperasionalkan pelayanan melalui WhatsApp pada Sabtu (16/2), kata Imih, antusias pemohon terbilang tinggi. Bahkan, beberapa petugas kecamatan sempat kewalahan melayani permintaan pengurusan adminduk. Akibatnya, pelayanan Senin (18/2) tadi tidak terlalu padat seperti biasanya di kantor dinas. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.