Usai Dikarantina di Natuna, Warga Tobongjaya Cipatujah Tasik Negatif Corona dan Akan Dipulangkan

246
0
radartasikmalaya
ilustrasi virus corona/ net

TASIK – Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari negara tempat kerjanya masing-masing, dan menjalani karantina serta observasi kesehatan di Natuna Kepulauan Riau, selama dua pekan, sudah dinyatakan sehat dan bebas dari virus corona.

Satu diantaranya adalah warga asal Desa Tobongjaya Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya UR (32).

Mereka dipulangkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dari Natuna ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta untuk kemudian dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Semua WNI tersebut telah menjalani pengecekan kesehatan terakhir di Natuna dan dinyatakan sehat serta bebas dari virus corona(COVID19/2019-nCov).

“Betul (UR, Red) warga desa kami. UR sudah empat tahun bekerja menjadi TKI di Wuhan atau Beijing, Cina,” kata Kepala Desa Tobongjaya Dedi Rohmatandi Sabtu (15/2).

Kata dia, UR dipulangkan karena virus corona menyerang Wuhan, Cina. “Dikarantina selama 14 hari sampai hari ini. Saya juga baru dengar Jumat (14/2) dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tasikmalaya bahwa warga kami akan dipulangkan Sabtu (15/2) ke Jakarta,” kata dia.

Meski sempat khawatir, kata dia, pemerintah desa tetap akan menerima karena UR telah menjalani karantina dan dinyatakan negatif corona. “UR ini adalah warga saya, akan diterima,” kata dia.

Kata Dedi, UR akan dijemput ke Jakarta oleh perwakilan dari daerah dan provinsi. “Pihak keluarga tidak ada yang ikut ke Jakarta, termasuk desa dan kecamatan, nanti ada perwakilan dari pemerintah daerah dan provinsi,” ujarnya.

Camat Cipatujah, Darya mengatakan, pemerintah kecamatan bersama desa dan pemerintah daerah akan memfasilitasi pemulangan UR dari Kota Tasikmalaya ke Cipatujah.

“Selain keluarga nanti menjemput di Tasik, nanti ada perwakilan juga dari pemerintah desa, kecamatan termasuk Dinas Sosial,” kata dia.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3A-KB) Kabupaten Tasikmalaya, Roni Ahmad Syahroni membenarkan warga asal Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya termasuk dalam rombongan 238 WNI yang dipulangkan dari Natuna.

“Iya benar ada warga Kabupaten Tasik, pemerintah daerah sudah berkomunikasi dengan pihak pemerintah provinsi dan keluarga serta pemerintah kecamatan dan desa,” ujarnya.

Rencananya, kata Roni, warga Kecamatan Cipatujah itu tiba di Jakarta Sabtu (15/2) sore. Sementara untuk waktu pemulangan dari Jakarta ke Tasik kemungkinan Minggu (16/2).

“Semua biaya transportasi pemulangan ke daerah ditanggung oleh pemerintah pusat, baik melalui pesawat, kereta api atau bus,” ujarnya.

Kata dia, warga Kabupaten Tasikmalaya yang bekerja sebagai WNI di Cina tersebut dinyatakan negatif corona.

(diki setiawan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.