Usai Divaksi, Nakes di Garut Pingsan

36
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi vaksin covid-19
Loading...

TAROGONG KIDUL – Seorang tenaga kesehatan (nakes) di Kabuaten Garut mengalami kejang-kejang dan pingsan usai diberi vaksin Covid-19.

“Kejadiannnya di rumah sakit swasta. Sekarang (kemarin, Red) tengah menjalani observasi tim dokter,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten G

arut dr Leli Yuliani kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).
Berdasarkan informasi yang diterimanya, tenaga kesehatan yang kejang-kejang dan pingsan usai menjalani vaksinasi karena kelelahan usai melaksanakan piket malam sebelum mendapatkan vaksinasi. “Dianya kecapean setelah kerja malam. Tapi tim dokter masih mencari faktor utama tenaga kesehatan tersebut sampai pingsan,” katanya.

Menurut dia, saat ini tenaga kesehatan itu menjalani perawatan di rumah sakit. Tim Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) telah melakukan observasi terhadap nakes tersebut.

“Belum ada kesimpulan dari tim KIPI soal penyebab pingsannya. Masih harus dilengkapi pemeriksaannya,” ucapnya.

loading...

Leli menduga penyebab pingsan dan kejang tenaga kesehatan karena mempunyai penyakit penyerta.

“Bisa saja dia (tenaga kesehatan) tidak tahu kalau dia punya penyakit. Makanya perlu pemeriksaan lebih lengkap lagi. Memang kemungkinan adanya KIPI itu 2 per 10 ribu,” terangnya.

Leli menambahkan kejadian seperti ini baru terjadi di Kabupaten Garut. Belum ada laporan seperti itu. “Laporan ke saya baru satu ini saja,” ujarnya. (yna)

Baca juga : Usai Divaksin, Wabup Garut Ngaku Begini..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.