Beranda Ciamis USBN SD Tiga Mata Pelajaran

USBN SD Tiga Mata Pelajaran

62
0
BERBAGI
iman s rahman / radar tasikmalaya

CIAMIS – Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Dr Wawan S Arifien melalui Kasi Kurikilum dan Penilaian Sekolah Dasar H Mastur menegaskan jumlah mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang sekolah dasar (SD) hanya tiga. Yakni IPA, Bahasa Indonesia dan Matematika.
Sebelumnya, sempat beredar wacana akan ada delapan mata pelajaran yang diujikan. Terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKN, Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), serta Pendidikan Agama.
“Sesuai edaran Kemendikbud, diputuskan hanya ada tiga mata pelajaran yakni tetap Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA,” tandas H Mastur saat ditemui di kantornya Kamis siang (11/1).
Menurut dia, secara administrasi sudah ada 743 SD yang siap melaksanakan USBN. Terdiri dari 741 SD negeri dan dua SD swasta. Total peserta USBN yang akan mengikuti ujian sekitar 15.485 siswa. Bagi sekolah yang siswa kelas enamnya hanya sedikit, ujian akan disatukan dengan sekolah terdekat. Soal USBN, kata dia, 25 persen akan berasal dari pusat, 25 persen dari provinsi dan 50 persen dari daerah dalam hal ini dibuat di Ciamis.
“Kami mengharapkan, baik siswa maupun sekolah jangan menganggap sepele pelaksanaan USBN itu. Meskipun kelulusan oleh pihak sekolah, namun Disdik ingin ada standar yang maksimal. Tentunya dilihat dari nilai yang didapat,” harapnya.
Dia menjelaskan mulai bulan Februari setiap guru kelas 6 SD sudah melaksanakan pengayaan dibantu guru kelas dan guru mata pelajaran. Sekolah juga diwajibkan memberi latihan USBN atau tryout kepada siswa.
“Upaya Disdik terus melakukan pembinaan kinerja guru di daerah serta koordinasi masalah persiapan USBN SD. Semoga bisa sukses dan lancar,” katanya. (isr)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here