Usulan Provinsi Jabar Berubah Jadi Provinsi Tatar Sunda, Begini Kata Gubernur..

142
0
radartasikmalaya.com
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

JABAR – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menanggapi soal munculnya wacana perubahan nama Provinsi Jabar menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda.

Kata Emil, masyarakat harus menyadari terlebih dahulu bahwa Sunda merupakan nama geografis, bukan suku atau etnis. Sebagaimana mengacu pada sebutan Lempeng Sunda.

Lempeng Sunda tersebut, bagian dari Lempeng Tektonik Eurasia yang kini secara admistratif meliputi Kalimantan, Jawa, Sumatera, sebagian Thailan, Filipina, Malaysia, Brunei, Singapura, Kmboja dan Vietnam.

“Sunda itu wilayah geografis, meliputi Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Yang sebutannya Suna Besar,” katanya kepdada awak media.

“Ada Sunda Kecil, yaitu Bali, Nusa Tenggar dan lainnya. Tapi dalam perjalanan sejarah berubah menjadi Etnisitas. Nah, hal inilah yang semua orang belum memahami,” lanjutnya.

Emil menjelaskan, di Jawa Barat terdapat tiga budaya utama. Yakni, Sunda Priangan, Kacirebonan pada sebagian Pantura dan Betawian yang berkembang di Bekasi dan Depok.

Berdasarkan hal tersebut, lanjut Emil, Penggunaan Provinsi Sunda mungkin bukan masalah bagi amsyarakat Priangan. Namun, harus mendengarkan dulu suara dari kacirebonan dan Betawi. “Jika tidak ada kesepakatan, hidup ini tak akan maslahat,” katanya.

Meski demikian, Emil tak menampik begitu saja usulan tersebut. Asal ada kajian yang lebih komprehensif.

“Yang terpenting ada tindaklanjut mengumpulkan pendapat masyarakat yang merasa bukan etnis Sunda,” tandasnya.

(age/radarbandung)

Berita Terkait :

Provinsi Jawa Barat Diusulkan Diganti Jadi Provinsi Sunda

Wacana Provinsi Jabar Jadi Provinsi Sunda, Ini Kata Wali Kota Cirebon..

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.