Usulkan Bentuk E-Katalog Lokal

25
0
PAPARKAN MATERI. Inspektur Inspektorat Kota Banjar Ojat Sudrajat saat memberikan pemahaman kepada peserta seminar Sabtu (7/12). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
PAPARKAN MATERI. Inspektur Inspektorat Kota Banjar Ojat Sudrajat saat memberikan pemahaman kepada peserta seminar Sabtu (7/12). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Pemerintah Kota Banjar didorong untuk membentuk elektronik katalog (e-katalog) lokal untuk pengadaan barang jasa. Hal tersebut diungkapkan Kepala Biro Umum dan Keuangan di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Dr H Permana Hendrawangsa M.Eng.

“Sekarang sudah banyak daerah yang menggunakan e-katalog dalam proses pengadaan barang jasa,” ujarnya kepada wartawan seusai menjadi pembicara dalam seminar Nasional di kampus STIT Bina Putera Banjar, Sabtu (7/12).

Dia menjelaskan penggunaan e-katalog dalam proses belanja barang dan jasa sangat mudah, nyaman dan tidak dicurigai macam-macam saat dilakukan audit oleh BPK. Karena prosesnya jelas dan transparan secara elektronik, berbeda dengan tender biasa.

Maka, dengan adanya dibentuknya e-katalog lokal oleh pemerintah daerah, para pengusaha kecil bisa ikut serta di dalamnya menawarkan berbagai jenis produk dan jasa secara lokal.

“Karena salah satu tujuan pengadaan itu harus bisa menghidupi dan memprioritaskan pengusaha kecil yang ada di daerah dan jangan terpaku pada e-katalog nasional atau sektoral,” tegasnya.

Dia mencontohkan, produk e-katalog lokal yang bisa dan sering digunakan oleh pemerintah daerah seperti alat tulis kantor (ATK), alat pertanian seperti cangkul dan lainnya.

Inspektur Inspektorat Kota Banjar Ojat Sudrajat mengatakan akan mengusulkan ke pemerintah daerah (wali kota) jika regulasinya sudah ada, maka diupayakan tahun depan bisa berjalan.

“Kalau regulasinya sudah ada, kenapa tidak dilakukan. Tentu itu akan mempermudah Pemerintah daerah dalam menyediakan pengadaan barang jasa tidak terlalu lama,” kata dia. (nto)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.