Usulkan Penambahan Kursi DPRD

109
0

PARIGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran mengusulkan adanya penataan daerah pemilihan (dapil) dan penambahan kursi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Hal tersebut mengacu pada data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2).
“Kalau melihat data penduduk maka idealnya ada penambahan kursi dari 35 menjadi 40,” tutur Ketua KPU Pangandaran Wiyono Budi Santosa usai Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Pangandaran dalam Pemilu Legislatif 2019 di Hotel Horizon, kemarin (1/12).
Menurut dia, penataan dapil dan alokasi kursi merupakan salah satu tahapan awal dalam pelaksanaan Pileg 2019. KPU mewacanakan pada Pileg 2019 mendatang ada lima dapil dengan 40 kursi di DPRD.
Untuk Dapil 1 meliputi wilayah Kecamatan Mangunjaya dan Padaherang dengan 10 kursi. Dapil 2 meliputi Kecamatan Kalipucang dan Pangandaran dengan sembilan kursi. Kemudian, Dapil 3 meliputi Kecamatan Parigi dan Sidamulih dengan tujuh kursi. Selanjutnya, Dapil 4 meliputi Kecamatan Cijulang dan Cimerak dengan tujuh kursi dan Dapil 5 meliputi Kecamatan Cigugur dan Langkaplancar dengan tujuh kursi.
“Seluruh komponen masyarakat termasuk juga parpol harus terlibat langsung dalam proses penataan dapil dan alokasi kursi DPRD sebelum drafnya diusulkan ke KPU provinsi dan ke KPU pusat,” ujarnya.
Wiyono menegaskan bahwa KPU Kabupaten Pangandaran hanya mengusulkan. Sementara penetapan dapil menjadi kewenangan KPU pusat. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.