Utang Mulai Dicicil, Layanan Cuci Darah di RSUD Kota Tasik Dibuka Lagi

56
0
Asep Suherlan Tokoh Masyarakat
Loading...

CIHIDEUNG – Hampir sepekan layanan cuci darah di Gedung Hemodialisa RSUD dr Soekardjo ditutup, mulai hari ini (6/2/2021) direncanakan kembali beroperasi. Setelah adanya rencana pembayaran secara bertahap dari rumah sakit terhadap rekanan kerjasama operasional (KSO) rumah sakit.

Tokoh Masyarakat Kota Tasikmalaya Asep Suherlan mengungkapkan pihaknya mendapat informasi dari rumah sakit bahwa mulai hari ini (besok, Red) bisa kembali mendapatkan layanan cuci darah di gedung hemodialisa.

“Kami dapat informasi, mulai 6 Februari ini, hemodialisa kembali berjalan efektif dan normal. Saya bersyukur sekali, kebetulan besok jadwal kedua dalam satu minggu, untuk cuci darah,” syukur Asep kepada Radar, Jumat (5/2/2021).

Menurut dia, dari pengalamannya mencuci darah di rumah sakit lain, memang tidak ada persoalan prinsipil. Hanya saja, beberapa pasien mengeluhkan ketika seharusnya dijadwalkan siang, berganti sore hari dengan antrean yang berbeda.

“Memang kita tahu sendiri, telat sedikit saja kan repot bagi pasien yang harus cuci darah.
Tetapi, syukurlah sudah ada titik terang dan kami kembali dapat pelayanan di rumah sakit daerah,” katanya.

loading...

Berdasarkan informasi yang ia terima, rumah sakit-rumah sakit swasta yang mendapat titipan pasien cuci darah dari RSUD dr Soekardjo harus bekerja ekstra. Sebab, di samping melayani pasien rutin yang sudah relevan dengan jumlah tenaga medis di rumah sakit tersebut. Belakangan ini mendapat tambahan para pasien dari RSUD.

“Informasinya sampai ada yang lembur, padahal mereka juga sedang pengaturan masa pandemi dan efektivitas lain sebagainya. Malah ditambahi proporsi pasien titipan, tapi untung tidak berlarut-larut,” cerita Asep.

Terpisah, Penanggung Jawab PT Cakra Yuda Persada di RSUD dr Soekardjo H Bayhaqi Umar membenarkan gedung hemodialisa akan kembali dioperasikan.

Menurut diam, pihak RSUD akan mengangsur tunggakan yang selama ini menjadi beban operasional tersendiri rekanan KSO, dalam melaksanakan layanan dan pengiriman kebutuhan peralatan cuci darah.

“Betul, Alhamdulillah ada respons positif dan sesegera mungkin layanan bisa beroperasi, kemudian suplai peralatan tengah kami upayakan,” kata dia. (igi)

Baca juga : 8 April, 73 Desa di Kabupaten Tasik Gelar Pilkades Serentak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.