Uu Dorong Tol Cigatasciban Lewati Singaparna

646
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA OPTIMIS. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum optimis Jalan Tol Cigatasciban melalui Kecamatan Singaparna Rabu (16/1).

SINGAPARNA – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menegaskan untuk pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar (Cigatasciban) mulai dibangun tahun ini.

“Saya sudah berbicara dengan Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono, Red) tentang pembangunan Tol Cigatasciban. Katanya akan dimulai sekarang, 2019. Termasuk juga apa yang diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dan Garut itu akan diakomodir,” kata Uu kepada wartawan di Setda Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (16/1).

Menurut bocoran, mantan bupati Tasikmalaya ini mengatakan untuk pembangunan Tol Cigatasciban akan melalui Garut. “Sebagai putra asli daerah Tasikmalaya saya sudah menyampaikan keinginan kepada Kementerian PUPR. Kita ingin Cigatas melalui Kecamatan Singaparna. Kedua pintu atau eksit tol di Kecamatan Rajapolah,” harapnya.

Jelas Uu, untuk pembangunan tahap pertama dilakukan dua jalur dari Bandung ke Tasikmalaya. Kemudian dilanjutkan kembali pembangunannya hingga keluar di Cilacap, melalui Ciamis dan Banjar.

Uu mengaku akan terus memperjuangkan progres pembangunan jalan tol yang sudah menjadi harapan bagi masyarakat Tasikmalaya khususnya, umumnya Priangan Timur. “Saya sebagai putra daerah akan memperjuangkan Tol Cigatasciban bisa melalui Kecamatan Singaparna. Mumpung saya dekat dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR. Kenapa tidak setiap waktu saya tanya perkembangan jalan Tol Cigatas terus,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya Drs Yusep Yustisiawandana MM menambahkan komunikasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat terus dilakukan. Ada tiga fase jalur yang kemungkinan akan dilalui Tol Cigatas. “Pilihan pertama bisa melalui Malangbong, kedua Garut dan ketiga dibahas juga jalur tol yang akan melalui Kecamatan Singaparna,” paparnya.

Lanjut Yusep, informasi tiga pilihan jalur ini masih dalam tatanan pembahasan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). “Jadi belum final soal jalur yang akan dilalui Tol Cigatasciban, kita juga terus memantau dan komunikasi baik dengan Bappeda dan Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat soal Cigatas ini,” katanya. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.