Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.8%

2.5%

26.3%

2.6%

49.9%

0.1%

9.1%

0%

UU MD3 Cederai Demokrasi

103
0

CIAMIS – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Ciamis menggelar aksi unjuk rasa ke DPRD. Mereka memprotes revisi Undang-Undang MD3 –MPR, DPR, DPD dan DPRD– yang disahkan DPR RI tanggal 12 Februari 2018. Undang-undang itu dianggap telah mencederai demokrasi.

“Padahal, semangat cita-cita Indonesia dalam menegakkan demokrasi sudah digelorakan (sejak) dua puluh tahun silam,” ucap Ketua PMII Kabupaten Ciamis Miftah Farid Kamis (1/3).

Revisi undang-undang itu, kata dia, membungkam kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum. Revisi Undang-Undang MD3 juga membuat anggota legislatif menjadi kebal hukum. Salah satunya soal hak imunitas anggota DPR yang tertuang dalam Pasal 245. “Subtansi dalam Undang-Undang MD3 bertentangan dengan UUD 1945 yang diantaranya tentang pemanggilan paksa warga masyarakat, yang pada pokoknya bertentangan dengan prinsip kedaulatan rakyat dan prinsip DPR sebagai perwakilan rakyat,” tandasnya.

Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana mengatakan pihaknya sepakat dengan mahasiswa untuk memberi kritikan terhadap undang-undang tersebut. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.