Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

0.9%

60%

2.4%

0.2%

4.5%

20.1%

11.7%

0%

0.1%

0%

(Video) 1 Jam Hujan Deras, Kawasan Pertokoan Kota Tasik Diterjang Banjir

2204
0

KOTA TASIK – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya, Selasa (14/1) sore, mulai menimbulkan banjir cileuncang setinggi 15 centimer.

Genangan air banjir ini terjadi di Alun-Alun Kota Tasik dan Jalan HZ Mustofa, tepatnya depan Rumah Sakit TMC dan Asia Plaza.

Hujan deras ini terjadi pukul 16.00 WIB. Selang sejam kemudian, jalur-jalur itu digenangi air banjir cileunang.

Yang paling parah di Jalan HZ Mustofa. Akibatnya, kemacetan kendaraan pun tak dapat terhindarkan.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasik, Kodim 0612, Polres Tasikmalaya Kota dan Dinas PUPR Kota Tasik, turun tangan melakukan berbagai penanganan.

Selang 15 menit tim tersebut turun ke lapangan, air banjir cileuncang pun surut.

Namun, pantauan radartasikmalaya.com di lokasi, tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan berbagai penanganan.

Pasalnya, banjir tersebut disebabkan faktor non alam. Hal itu dibenarkan Kepala BPBD, Ucu Anwar.

“Luapan air banjir ini karena faktor non alam, alias faktor manusia,” ujar Ucu kepada radartasikmalaya.com di lokasi.

“Luapan air ini berasal dari Walungan Cibadodon. Jadi karena ada sampah yang menumpuk menjadikan air meluap ke kiri dan kanan Jalan HZ. Banyak sampah yang membuat aliran air tersendat atau sistem draenasenya tak berfungsi jadi kami tangani dan angkat sampah-sampah itu,” sambungnya.

Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Imam Wicaksana yang juga turun ke lokasi mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPBD,Ucu Anwar dan Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol Andrey Valentino SIK yang sigap dan turun langsung ke lokaso banjir ini. “Ini sesuai instruksi Presiden bahwa negara hadir saat bencana,” tuturnya.

Pihaknya saat banjir ini menerima informasi terjadi di 3 titik di Kota Tasik.

“Sehingga kami kordinasi dan letak yang paling parah adalah di sini, di Jalan HZ. Saya apresiasi BPBD. Karena menyelam ke saluran air ini membersihkan sampah. Saya harap kedepan masyarakat tak membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Sedangkan Wakapolres Tasikmalaya Kota, Andrey Valentino SIK menambahkan, apa yang disaksikan pihaknya ini adalah respon cepat dalam penanganan kebencanaan yang dilakukan BPBD, TNI dan Kepolisian sebagai bentuk quick respon.

“Ini karena terjadi sumbatan draenase. Arus lalu lintas kini kembali normal. Jika masih terjadi nanti kita lakukan rekayasa lalu lintas bentuknya,” tambahnya.

Kasi Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Dinas PUPR, Taufiq Hidayat menandaskan, setelah dicek d lokasi, banjir ini akibat sampah yang menghalangi saluran draenase.

“Jadi kita buka semua pintu air agar alirannya lancar. Dan Alhamdulillah banjir cepat surut di jalan setelah sampahnya dibersihkan,” tandasnya.

Berikut vidionya:

(rezza rizaldi)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.