Virus dan Bakteri Bisa Sebabkan Meningitis

37
0
dr Nata Sanjaya
dr Nata Sanjaya

PANGANDARAN – Penyakit meningitis atau radang selaput otak bisa menyerang siapa saja dari berbagai kalangan dan usia. Dokter umum Puskesmas Parigi dr Nata Sanjaya menjelaskan beberapa gejala dari meningitis.

Penyakit radang selaput otak, kata doter Nata, disebabkan infeksi virus yang menyebabkan peradangan di sekitaran otak manusia.

“Meningitis ini juga bisa disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh,” ujar dia Sabtu (23/11).

Ciri-ciri seseorang terkena menigitis, menurut dia, merasa sakit kepala, leher bagian belakang tidak bisa ditekuk. “Dalam beberapa kasus meningitis bisa menyebabkan seseorang demam tinggi,” ujarnya.

Menurut dia, seorang penderita meningitis bisa sensitif terhadap cahaya. “Biasanya penderita tidak sanggup melihat cahaya yang terlalu silau, akan terasa pusing nantinya. Kemudian penderita meningitis juga akan merasa mual,” ujarnya.

Lanjut dia, penyakit meningitis tidak bisa dianggap sepele, karena kalau tidak ditangani lebih lanjut bisa menyebabkan kejang-kejang bahkan hingga kematian. “Pencegahannya dan penanggulanganya ya dengan mencari vaksin meningitis,” katanya.

Menurut dr Nata, vaksin meningitis sulit ditemukan di Puskesmas atau klinik biasa. Hanya di beberapa tempat saja seperti rumah sakit umum. “Kalau di Pangandaran bisa ditemukan di kantor kesehatan dekat pelabuhan Cikidang itu,” ujarnya.

Lanjut dia, saat ini calon jamaah haji juga sudah diwajibkan melakukan penyutikan vaksin meningitis. “Termasuk yang umrah juga harus memakai vaksin itu,” tuturnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk mengatur pola hidup sehat dan selalu mencuci tangan sebelum makan atau setelah melakukan aktivitas apapun. “Agar bakteri dan virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh,” singkatnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.