Wabah Corona Merebak, Pertanian Garut Menggeliat

224
0

GARUT KOTA – Virus corona yang saat ini menyerang Indonesia ternyata tidak hanya berdampak buruk saja. Tetapi bagi sektor pertanian, wabah ini justru berdampak positif.

“Ketika virus corona ini muncul, dampak ke pertanian kita (Garut) bagus. Karena banyak daerah yang biasanya impor sayur dan buah dari luar,  kini minta ke kita, “ ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga kepada wartawan,  Minggu (22/3).

Baca juga : Kades Karyajaya Bayongbong Garut Ditahan Kejaksaan Gara-gara Ini..

Menurut dia, daerah lain yang saat ini banyak meminta kepada Garut untuk memasok sayuran dan buah-buahan ini,  yakni daerah yang biasa mengambil buah import dari Tiongkok.

Dengan adanya virus corona ini,  seluruh impor barang ditutup,  termasuk buah dan sayuran.  Sehingga daerah yang biasa impor seperti Batam dan beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan banyak yang meminta ke Kabupaten Garut.

“Permintaannya meningkat sejak dua pekan ke belakang, terutama dari Batam serta wilayah Sumatera dan Kalimantan. Jadi ada peluang pasar yang lebih terbuka,” katanya.

Loading...

Sementara, terkait ketersediaan stok untuk wilayah Kabupaten Garut? Beni menyebut masih dinilai aman. Stok beras, sayur, dan buah, untuk kebutuhan lokal sampai menjelang Lebaran masih akan mencukupi.

Meski kebutuhan bahan pokok aman,  kata dia,  tetapi pihaknya masih membuka keran impor, khususnya bawang putih. Sebab, produksi bawang putih di dalam negeri belum sesuai ekspetasi.

“Itu (impor) mungkin akan sedikit terganggu karena aturan lebih ketat. Tapi insyaallah masih aman,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.