Wabup Adang Ajak Semua Elemen Masyarakat Jaga Kerukunan

28
0

PANGANDARAN – Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari memimpin upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-73, bertempat di Alun-alun Parigi, Kamis (3/1/2019).

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran H Iwan M Ridwan SPd MPd beserta sejumlah anggota dewan, Kepala Kemenag Dr H cece Hidayat MSi, Ketua MUI Kabupaten Pangandaran KH Otong Aminudin beserta para Kepala SKPD.

Dalam kesempatan itu, H Adang Hadari membacakan sambutan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin.

Ada enam sasaran strategis program Kementerian Agama. Diantaranya, meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan.

Kemudian, meningkatnya akses layanan pendidikan, mutu pendidikan agama dan keagamaan serta peningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama.

“Sasaran tersebut harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah. Disamping itu, pembinaan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama, pengembangan moderasi beragama dan pembangunan akhlak bangsa perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang publik,” ungkapnya.

Loading...

Menurutnya, toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain.

Sementara moderasi beragama yaitu upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebih-lebihan dan ekstrim.

“Pembangunan akhlak adalah aspek yang sangat fundamental sebagai pilar utama keadaban bangsa, agar kita semua tidak tercerabut dari fitrah kemanusiaan kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup
mengajak untuk selalu meningkatkan kebersamaan dalam berbagai hal, sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu menjaga kebersamaan umat.

“Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan. Mengajak semua elemen menjaga keutuhan bangsa dan menjauhi saling menebar kebencian dan melukai hati,” pungkasnya. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.