Wabup Harus Bawa Perubahan Baik untuk Kabupaten Tasik

347
0
ISTIMEWA KOMPAK. Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dan Wakil Bupati terpilih Deni R Sagara kompak foto bersama usai voting di DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/2).

TASIK – Kekosongan jabatan wakil bupati (wabup) Tasikmalaya akhirnya terisi setelah Deni R Sagara meraih 36 suara dalam voting yang dilakukan DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/2).

Sementara calon wakil bupati lainnya yakni Heri Ahmadi yang diusulkan oleh DPD PKS Kabupaten Tasikmalaya hanya berhasil meraih 10 suara dari anggota dewan.

Deni yang juga ketua KPPW PAN Jabar ini pun langsung ditetapkan dalam Rapat Paripurna Pemilihan Wakil Bupati Tasikmalaya. Selanjutnya diserahkan kepada pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti di pemerintah provinsi dan pusat dalam persiapan pelantikan.

Setelah resmi dilantik, Deni R Sagara memiliki pekerjaan rumah untuk membawa Kabupaten Tasikmalaya lebih baik dalam berbagai bidang. Hal tersebut diharapkan oleh tokoh masyarakat, pemuda dan kalangan ulama di kabupaten.

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam MPd mengucapkan selamat kepada Deni R Sagara yang sudah terpilih menjadi wakil bupati Tasik di sisa periode ini. “Banyak pekerjaan rumah bagi Deni yang harus dilakukan dan diselesaikan,” ujarnya kepada Radar, Senin (24/2).

KH Atam meminta wakil bupati terpilih bisa bekerja sama yang baik dengan bupati dalam menjalankan program yang bermanfaat bagi masyarakat. Kemudian bisa bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai aturan yang ada.

“Intinya bisa mem­bantu dan melanjutkan tugas bupati yang sudah berjalan baik dan bekerja sama untuk membangun Kabupaten Tasikmalaya lebih baik,” ujarnya.

Ketua PUI Kabupaten Tasikmalaya H Dedi Zulharman MAg mengatakan, mewakili masyarakat harapannya kepada wakil bupati terpilih bisa mendongkrak  pemberdayaan masyarakat dan IPM. Kemudian bisa membersihkan pemerintahan yang bebas dari praktik korupsi.

“Bisa melakukan pemberantasan korupsi, menjadi pemimpin bersih lahir batin tidak ada indikasi korupsi. Bisa menjalankan amanat masyarakat sebaik-baiknya. Mendongkrak pemberdayaan dan ekonomi masyarakat serta daya beli, termasuk ada terobosan yang signifikan,” ujarnya.

Ketua KNPI Kabupaten Tasikmalaya Nana Sumarna SE mengatakan, walaupun pengisian wakil bupati ini telat, akan tetapi diharapkan bisa mewarnai dan menjalankan roda pemerintahan yang lebih baik ke depan.

“Diharapkan bisa perhatian kepada program kepemudaan dan generasi muda. Membuat terobosan lebih bagus, dengan adanya wakil ini bisa menghilangkan kesan auto pilot di Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya. Mudah-mudahan ada warna baru dan semangat baru,” kata Nana.

Ketua Forum Pemerhati Ekonomi Rakyat (FPER) Kabupaten Tasikmalaya Asep Abdul Ropik meminta kepada wakil bupati terpilih bisa lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi kerakyatan.

“Daya beli masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat kecil, sehingga masyarakat bisa menikmati program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” kata dia.

Kemudian, Asep meminta agar kasus-kasus indikasi korupsi khususnya di tataran pemerintahan daerah sampai ke tingkat desa bisa dicegah dengan pengawasan dan pembinaan agar masyarakat tidak dirugikan.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya Dedi Mulyadi meminta agar wakil bupati terpilih bisa lebih memperhatikan nasib masyarakat nelayan di pesisir Laut Cipatujah.

“Dengan program-programnya yang pro terhadap nelayan, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di pesisir Pantai Cipatujah dan sekitarnya,” ungkap dia.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi mengatakan, bagi DPRD dengan adanya wakil bupati diharapkan bisa membawa perubahan bagi berlangsungnya pemerintahan.
“Deni R Sagara harus bisa membantu efektivitas berjalannya pemerintahan, karena dengan dua orang pemimpin bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Bagi DPRD, kata Asep, ada catatan yang harus dijalankan oleh wakil bupati terpilih pada sisa periode ini. Di antaranya memperbaiki perencanaan anggaran, penyerapan anggaran dan pengawasan birokrasi. Kemudian penyerapan anggarannya pun harus benar-benar ada bermanfaat bagi masyarakat.

Kata dia, pengawasan birokrasi ini sangat penting untuk menciptakan pelayanan yang semakin baik bagi masyarakat.
Wakil Bupati Tasikmalaya terpilih Deni R Sagara bersyukur bisa meraih dukungan terbanyak dalam voting secara langsung oleh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

“Alhamdulillah bersyukur kepada Allah Swt, ini adalah amanat dan kepercayaan yang diberikan kepada saya. Saya ucapkan terima kasih kepada bupati, PDIP, PAN dan PKS yang telah mengusulkan, termasuk dewan yang sudah memberikan suaranya,” ujarnya.

Deni pun meminta doa kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa semaksimal mungkin membantu bupati untuk melakukan hal yang terbaik di sisa masa jabatan ini.

“Yang paling krusial membantu bupati agar lebih cepat dan berakselerasi melakukan pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya, menambahkan.

Bakal Calon Wakil Bupati Tasikmalaya Heri Ahmadi menerima hasil apapun, terkait pemilihan ini. “Bahwa kami datang bukan menjadi tantangan, hanya menjalankan amanat konstitusi,” katanya.

Heri berharap siapa pun yang menjadi wakil bupati bisa menjalankan visi dan misi Kabupaten Tasikmalaya dengan baik bersama bupati. Kemudian bekerja sama melakukan harmonisasi membantu dan menyukseskan pembangunan daerah.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan para anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang telah menyelenggarakan pemilihan wakil bupati yang berlangsung aman, tertib dan penuh kekeluargaan.

“Saya bersyukur kepada Allah Swt, sekarang ini tentu kerja saya akan sangat terbantu dan lebih bisa fokus di sisa akhir masa jabatan saya ini. Mudah-mudahan menjadi awal yang baik, dengan kehadiran wakil bupati ini,” ujarnya.

Ade pun sebagai bupati berterima kasih kepada seluruh pimpinan partai politik pengusung dan 49 anggota DPRD yang telah berpartisipasi menyalurkan suaranya sebagai bentuk dukungan politik terhadap pemerintah daerah.

“Kepada parpol pengusung Uu-Ade, dalam hal ini PDI Perjuangan, PAN dan PKS. Kami ucapkan terima kasih sehingga prosesi pemilihan wakil bupati bisa berjalan baik dan ada keputusan. Tanpa dukungan dari partai pengusung tersebut, tidak mungkin pemilihan wakil bupati terselenggara hari ini,” katanya.

“Yang terakhir, saya ucapkan selamat kepada Deni R Sagara yang ditakdirkan Allah menjadi wakil bupati terpilih, mudah-mudahan secepatnya pengesahannya oleh pemerintah dan dilantik, selamat bertugas,” ujarnya.

Ade memohon doa kepada seluruh lapisan masyarakat agar dirinya sebagai bupati dengan didampingi oleh wakil bupati bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.