Wabup: Kesehatan Tetap Harus Dijaga

20
0
Diskominfo untuk Rakyat Garut SIMBOLIS. Wakil Bupati Garut menyerahkan secara simbolis KIS kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Garut Kota Selasa (2/7).

GARUT KOTA – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengimbau seluruh masyarakat bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal itu dilakukam supaya masyarakat terhindar dari penyakit.

“Jangan mentang-mentang sekarang punya KIS (Kartu Indonesia Sehat), kesehatan tidak dijaga,” ujarnya saat membagiakan KIS kepada masyarakat di Kecamatan Garut Kota Selasa (2/7).

Salah satu yang dilakukan dalam menjaga kesehatan, kata dia, tertib dalam membuang sampah atau tidak membuang sampah sembarangan. Dirinya berharap di setiap RT dan RW ada pengolahan sampah dan pengaturan tempat pembuangan sampah ada organik dan non organik. “Bagian dari pencegahan penyakit adalah tertibnya pengelolaan sampah. Saya berharap kerjasama dari semua warga,” terangnya.

Mengenai pembagian KIS, Helmi menerangkan total Kartu Indonesia Sehat yang dibagikan di seluruh Kabupaten Garut sekitar 100 ribu orang. “Kalau di Kecamatan Garut Kota saja ada 1.124 orang yang kebagian,” terangnya.

Warga yang mendapatkan KIS sudah terdata dalam Basis Data Terpadu (BDT) maupun yang tidak tapi tergolong miskin. “KIS ini dibiayai oleh APBD, jadi ketika berobat tidak dikenakan biaya. Kami berharap masyarakat menggunakan kartu ini dipergunakan sebagaimana mestinya,” terangnya.

Sementara itu, Ade Rina Susanti (42) warga Pangampaan RT 03/06 Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota bahagia setelah menerima KIS. “Al­hamdulillah dapat Kartu KIS mudah mudahan bisa bermanfaat bagi keluarga seperti saya ini yang minim penghasilan,” ucapnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.