Asep: Cawabup Perlu Diuji Publik Dulu

Wabup, Tergantung Political Will Bupati

59
0
Basuki Rahmat MSi

SINGAPARNA – Kepastian pengisian jabatan wakil bupati, pada sisa periode ini tergantung political will bupati. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Basuki Rahmat MSi kepada Radar, Rabu (27/2).

Kata Basuki, semua proses yang dilakukan partai pengusung sudah dilakukan. Termasuk mengusulkan dua nama calon wakil bupati (cawabup) ke PDI Perjuangan. Namun, walaupun PAN dan PKS sudah mengusulkan cawabup, DPRD hanya bisa menunggu keduanya diusulkan untuk dipilih.

“Kita (DPRD) tidak bisa apa-apa. Karena, sebenarnya tidak ada aturan atau tenggat waktu, harus kapan waktu pengusulannya atau pemilihan di DPRD. Karena, itu tergantung political will bupati. Intinya kami segera mendorong dan menunggu,” ujarnya.

Basuki menyayangkan, bupati dan partai pengusung belum juga mengusulkan cawabupnya ke DPRD. Padahal, DPRD sudah menunggu untuk melakukan mekanisme pemilihan. Mengingat, posisi wakil bupati ini sangat dibutuhkan.

“Komisi I sudah mengirim nota komisi atau surat rekomendasi atas instruksi unsur pimpinan DPRD agar bupati segera mengusulkan wakil bupati,” katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat menambahkan, pihaknya masih menunggu bupati dan partai pengusung mengusulkan cawabupnya. “Kita belum menerima usulan cawabup. Bahkan komunikasi dari bupati dan partai pengusung pun soal cawabup belum ada,” paparnya.

Maka dari itu, Ruhimat meminta bupati dan partai pengusung segera menyampaikan cawabup yang akan dipilih oleh DPRD. “Nanti setelah ada cawabup yang diusulkan, kita akan pilih yang kemudian dilakukan pelantikan oleh gubernur,” terangnya.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Singaparna Asep Abdul Rofik mengharapkan cawabup yang sudah diusulkan segera dibahas dan diusulkan ke DPRD. “Kalau kami berharap sebelum diserahkan ke DPRD itu dilakukan uji publik dulu terkait kandidat-kandidatnya. Sehingga masyarakat mengetahui calon pemimpinnya,” harapnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.