Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.6%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

Wagub Uu Siap Turun Tangan Bantu Peternak Ayam di Ciamis yang Bangkrut

162
0
WAWASAN. Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum usai memberikan wawasan tentang bahaya radikalisme. Wawasan itu diberikan kepada guru, pelajar dan mahasiswa.

CIAMIS – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum akan turun tangan menangani banyaknya peternak ayam rakyat di Ciamis yang bangkrut.

Dia akan mencari jalan keluar dari permasalahan yang dialami peternak ayam pedaging dan petelur ini.

“Kami prihatin, padahal mereka sudah menggantungkan hidupnya puluhan tahun, bahkan turun temurun dari bisnis peternakan milik keluarganya,” ungkap Uu, saat dihubungi Radar, Selasa (11/2).

Akhir-akhir ini, kata Uu, dia mendengar banyak keluhan dari peternak ayam pedaging dan petelur lokal, mereka kesulitan mengembangkan usaha.

“Situasi yang benar-benar membuat terpuruk bagi pengusaha ayam dan telur lokal seperti di Ciamis. Kemudian, saya amati di satu sisi harga telur dan ayam terus meningkat, kemudian permintaan tinggi di Priangan Timur dan Jawa barat, pengusaha lokal malah bangkrut,” tutur dia.

Baca Juga : Di Ciamis, Tersisa 160 Peternak Ayam Telur, Ratusan Lainnya Bangkrut

Uu melihat keberadaan perusahaan besar peternakan ayam dan telur membuka usaha peternakan ayam rakyat di wilayah Priangan Timur mengalami kesulitan. Hal itu menjadi salah satu faktor kurang berkembangnya pengusaha ayam lokal.

“Kami akan coba evaluasi kembali datangnya pengusaha besar ke wilayah di Priangan Timur, atau pengusaha dari luar daerah tersebut yang membuka usaha di daerah,” papar orang nomor dua di Pemprov Jabar ini.

Perusahaan peternakan ayam besar, kata Uu, memegang pangsa pasar pangan, obat-obatan, DOT dan termasuk penjualan telur serta ayam. Mereka mampu memproduksi ayam dan telur hingga puluhan ribu.

“Maka ketika harga telur atau ayam naik atau turun tidak akan menggoyahkan produksi perusahaan besar tersebut, karena saking banyaknya hasil produksinya. Memang kalau dibiarkan berbahaya bagi peternak kecil dan lokal,” kata Uu.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.