Belanda vs Belarusia

Tim Oranye Wajib Berpesta Gol di De Kuip

22
0
zimbio.com KOKOH. Bek Belanda Virgil Van Dijk akan menjadi benteng kokoh saat menjamu Timnas Belarusia pada kualifikasi Piala Eropa 2020.

ROTTERDAM – Belanda akan menjamu tim terlemah Grup C, Belarusia, pada pembuka Kualifikasi Piala Eropa 2020. Beda level, Tim Oranye wajib berpesta gol di De Kuip, Rotterdam, dini hari nanti.

Kualitas kedua tim memang ibarat langit dan bumi. Belanda saat ini dihuni pemain-pemain top dunia. Sedangkan di kubu Belarusia, hanya nama gelandang veteran, Alexander Hleb yang cukup tenar.

Ditambahn fakta mereka akan bermain di depan publik sendiri, tim asuhan Ronald Koeman jelas harus mencetak banyak gol agar bisa bersaing di Grup C yang dihuni juara Piala Dunia 2014, Jerman serta Irlandia Utara dan Estonia.

Head to head kedua negara terlihat cukup jomplang. Dari tujuh pertemuan mereka, Belanda memenangi lima di antaranya. Termasuk dua pertemuan di kualifikasi Piala Dunia 2018. Kala itu Belanda mencetak tujuh gol dan hanya kebobolan dua kali.

Tak sekadar start bagus di kualifikasi, kemenangan meyakinkan di laga ini penting sebagai motivasi Virgil van Dijk dan kawan-kawan. Itu karena setelah pertandingan ini, mereka akan berhadapan dengan Jerman di matchday kedua.

Koeman sangat percaya diri menyongsong kualifikasi. Meski merasa cukup aneh lantaran kualifikasi berlangsung Maret, ia menegaskan mereka siap memperlihatkan performa bagus. Khususnya di dua laga awal yang mereka mainkan di kandang.

“Semua tim terpengaruh oleh ini (jadwal). Saya tidak melihatnya sebagai beban. Pemain kami terlihat senang bisa kembali lagi. Setiap pemain ingin menang setiap saat,” kata Koeman di FOX Sport Asia.

Pada laga ini, Koeman bisa mengandalkan pemain-pemain bintangnya yang dua pekan lalu sudah menunjukkan kehebatan mereka di Liga Champions. Utamanya pilar seperti Frenkie de Jong, Giorginio Wijnaldum, Matthijs de Light dan Virgil van Dijk yang membela Ajax dan Liverpool.

Khusus Vand Dijk, Koeman menegaskan sama sekali tidak meragukan kemampuannya meski ia baru saja melakukan blunder di Premier League. “Virgil membuat kesalahan untuk Liverpool dan mudah-mudahan ia bermain (dengan) pikiran yang jernih,” ujarnya di Tribal Football.

Pada dua kualifikasi sebelumnya, Belanda gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Koeman berharap trauma dan mimpi buruk di bawah tiga pelatih berbeda itu bisa mereka hilangkan dan lolos ke Piala Eropa 2020.

Bertamu sebagai tim medioker, Pelatih Belarusia, Igor Kriushenko tak mau muluk-muluk soal poin. Akan tetapi, ia menegaskan bahwa kualifikasi Euro 2020 ini adalah kesempatan lain bagi Belarusia untuk menunjukkan hasil bagus.

“Kami memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan tim. Namun, semua tim menghadapi kondisi serupa. Kami sedang mempelajari taktik Belanda,” kata Kriushenko di BelTA.

Selain Hleb yang sudah berusia 37 tahun, sang pelatih juga datang dengan pemain ber­pengalaman lainnya, termasuk gelandang BATE Borisov, Stanislaw Drahun, Syarhey Kislak, dan kiper 37 tahun, Andrey Harbunow. Sedangkan untuk lini serang, Kriushenko akan berharap banyak pada ketajaman Anton Saroka yang mencetak 7 gol dalam 14 caps-nya. (amr/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.