Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

0.9%

60.1%

2.4%

0.2%

4.5%

20.1%

11.7%

0%

0.1%

0%

Wali kota Banjar Menerbitkan Perwal Izin Toko Modern

33
0
Hj Ade Uu Sukaesih

BANJAR – Komitmen Pemerintah Kota Banjar dalam meningkatkan arus investasi terus dilakukan. Terbaru, wali kota telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) nomor 54 tahun 2019 tentang Penataan Lokasi dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Kepala Bidang Pengendalian DPMPTSP Kota Banjar Billy Bertha mengatakan perwal itu dikeluarkan sebagai dasar untuk penerbitan perizinan toko modern atau izin usaha toko modern (IUTM).

“Menjaga iklim usaha investasi dalam percepatan kemudahan berusaha, Pemkot menerbitkan Perwal Izin Toko Modern. Peluang untuk para pelaku usaha dalam melegalisasikan usahanya di Kota Banjar. Perwal itu bukan perwal baru tapi perwal lama yang direvisi,” kata Billy melalui sambungan telepon Selasa (17/12).

Perwal yang telah ditandatangani Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih 9 Desember 2019 itu mengatur beberapa poin untuk pengendalian pertumbuhan pusat perbelanjaan dan toko modern melalui penataan lokasi pusat perbelanjaan dan toko modern.

Di antaranya pengusaha toko modern dan pusat perbelanjaan harus menjaga iklim usaha yang sehat antara toko modern dan pasar tradisional, kemudian menjaga kelancaran arus lalu lintas, menyediakan fasilitas yang menjamin toko modern tetap bersih, sehat, aman dan tertib.

“Penyelenggara pusat perbelanjaan dan toko modern wajib memenuhi ketentuan tersebut,” katanya.

Dalam perwal itu pengusaha harus menaati segala ketentuan perundang-undangan, melakukan kemitraan dengan usaha kecil dan koperasi serta pelaku usaha lainnya. Juga melaksanakan tanggung jawab sosial sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan memanfaatkan tenaga kerja lokal.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas KUKMP Kota Banjar Mamat Rahmat mengatakan perwal lama yang direvisi disesuaikan peraturan perundang-undangan yang terbaru dan merangkul para pelaku usaha yang sudah berjalan usahanya. (cep)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.