Wali Kota Terpilih Dilantik Besok

51
BESOK AKAN DILANTIK. Wali Kota Banjar terpilih Hj Ade Uu Sukaesih dan Wakil Wali Kota Banjar terpilih Nana Suryana saat mendatangi salah satu UKM beberapa waktu lalu. Besok, Selasa (4/12) mereka akan dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar periode 2018-2023.

BANJAR – Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar terpilih periode 2018-2023 Hj Ade Uu Sukaesih dan Nana Suryana rencananya dilantik oleh Gubernur di Gedung Sate Bandung 4 Desember 2018. Hal itu diungkapkan Sekda Kota Banjar Drs H Ade Setiana MPd.

Ade yang dikonfirmasi kemarin Minggu (2/12/) membenarkan jika informasi yang beredar di masyarakat bahwa pelantikan wali kota dan wakilnya akan dilaksanakan besok (Selasa).

”Iya betul. Saya sudah menerima surat resmi pengumuman pelantikan dari pusat untuk pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar yang akan dilaksanakan tanggal 4 Desember 2018 di Gedung Sate Bandung,” kata Ade kemarin.

Ia bersyukur pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dilaksanakan lebih cepat dari jadwal sebelumnya yang diedarkan oleh Mendagri pada penghujung bulan ini. Menurutnya, pelantikan tanggal 4 Desember otomatis tidak ada kekosongan kepala daerah di Kota Banjar. ”Bersyukur karena sejak awal itu yang kami harapkan, lebih cepat lebih baik,” tuturnya.

Terlebih, kata dia, masa jabatan Wali Kota Banjar saat ini berakhir pada 4 Desember. Artinya tidak akan ada tenggat waktu pejabat sementara di Pemerintahan Kota Banjar karena saat masa periode habis langsung dilakukan pelantikan lagi.

”Me­mang sejak awal ada beberapa agenda untuk tanggal pe­lantikan yang belum pasti. Baik versi KPU maupun versi Mendagri sebelumnya. Namun saat ini memang sudah resmi surat perintah pelaksanaan pelantikan sudah kami terima,” ujarnya.

Sebelumnya juga Ade Setiana belum bisa memastikan kapan Wali Kota terpilih untuk lima tahun ke depan itu akan dilantik. Bahkan, menurut versi KPU dalam surat resminya pelantikan Wali Kota periode 2018-2023 pada 20 Desember 2018.

Sementara Pemkot Banjar saat itu masih mengacu pada surat Menteri Dalam Negeri tanggal 16 Oktober 2018. Dalam SK yang ditandatangani Tjahjo Kumolo tersebut, dalam poin 1 huruf c tertulis, bagi Provinsi yang memiliki lebih dari satu Kabupaten / Kota yang periode masa jabatan Bupati Wakil Bupati dan Walikota Wakil Walikota pada bulan yang berbeda (bulan berikutnya) dengan jarak tempat masa jabatan dengan satu lebih baik 2 (dua) minggu, maka pelantikan Bupati Wakil Bupati dan Wali Kota Wakil Wali Kota dilaksanakan secara serentak dengan memperhatikan masa jabatan Bupati Wakil Bupati dan Wali Kota paling akhir.

“Artinya untuk Provinsi Jawa Barat kan ada sembilan kota dan kabupaten yang akan melaksanakan pelantikan kepala daerahnya. Nah Banjar sendiri awalnya sesuai KPU jadwal tanggal 20 Desember 2018 pelantikannya. Namun jika dilihat dari SK Mendagri yang terkahir saya terima itu Banjar ikut pelantikan serentak dengan mengikuti habis masa jabatan Kabupaten Bogor yakni 30 Desember 2018. Sekarang sudah ada surat yang baru untuk pelaksanaan yakni 4 Desember 2018 di Gedung Sate,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.