Wanita Warga Purwaharja Kota Banjar Positif Corona, 14 Orang di-Swab Test

57
0

BANJAR – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjar kembali bertambah. Kali ini pasien perempuan berinisial AR berusia 50 tahun warga Kecamatan Purwaharja positif Covid-19.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar H Agus Nugraha membenarkan hal itu. Kata dia, pasien bergejala ringan dan saat ini sedang menjalani isolasi di rumah sakit.

“Iya betul ada penambahan lagi, satu orang. Hasil swab test baru keluar Rabu sore (14/10, Red),” ujar dia kepada wartawan, Kamis (15/10).

Pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana Ekaputra menambahkan awalnya pasien mengeluhkan sakit dan ada gangguan penciuman. Lalu berobat ke salah satu klinik dan meng­kons­ultasikan ke Puskesmas.

“Hari Selasa (13/10, red) pasien menjalani test swab di Puskesmas, lalu dikirim ke Dinkes. Setelah dari Dinkes, baru dikirim Rabu pagi (14/10, Red) diperiksa di RSUD Kota Banjar. Hasilnya baru keluar Rabu sorenya, terkonfirmasi positif Covid-19,” tandasnya.

Baca juga : Kasus Corona Naik, Pemkot Banjar Mendata Warga Pendatang

Kata dia, tim pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar langsung bergerak melakukan tracking dan swab test. Mencari siapa saja yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Sejauh ini, baru didapat enam orang yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu. Kemungkinan bisa bertambah, karena aktivitas mobile pasien cukup tinggi.

“Dia (pasien, Red) memiliki usaha catering, tentu aktivitasnya ke pasar juga kontak dengan konsumen usahanya dia. Kita waspadai transmisi lokal, karena belum diketahui pasien terpapar oleh siapa,” jelasnya.

Baca juga : Ajak Buruh dan Mahasiswa Diskusi

Selain itu, tim juga sudah melakukan swab test kepada orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Desa Balokang. Didapati delapan orang. Dua orang dari keluarganya dan enam orang lainnya nakes di RS Mitra Idaman.

Karena sebelum dirujuk ke RSUD Kota Banjar, pasien sempat dibawa ke ruang UGD RS Mitra Idaman untuk diperiksa. Maka total yang sudah di-swab test kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 14 orang.

“Total keseluruhan positif Covid-19 di Kota Banjar jadi 41 orang. Tiga orang jalani perawatan di rumah sakit, 37 orang sembuh/selesai perawatan dan satu orang meninggal dunia,” ujarnya.

Dia menambahkan masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan atau 3M. Karena wabah Covid-19 sampai saat ini belum selesai. “Mudah-mudahan dengan kesadaran masyarakat, corona cepat hilang,” harapnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.