Warga Binaan LP Kota Banjar Belajar Baca Al-Quran

31
0
KEGIATAN. Warga binaan Lapas Banjar mengikuti kegiatan IBBQ secara virtual. istimewa

BANJAR – Berbagai upaya dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjar dalam memenuhi hak-hak warga binaannya.

Salah satunya penyelenggaraan Pembinaan Kepribadian Muslim program belajar membaca Al-Quran.

Bekerja sama dengan Cinta Qur’an Foundation, Lapas Banjar membebaskan warga binaannya dari buta huruf Al-Quran melalui program Indonesia Bisa Baca Qur’an (IBBQ) secara virtual, Senin (5/10).

Melalui program tersebut, warga binaan dari yang sebelumnya tidak mengenal huruf hijaiyah menjadi bisa membaca Quran ataupun yang awalnya belum lancar kemudian menjadi lebih lancar.

Program IBBQ ditunjang metode tahrir yang memudahkan warga binaan dalam belajar baca Quran. Didukung pula penyampaian materi yang proaktif kepada warga binaan dan diselingi dengan nyanyian, gerakan badan serta canda tawa.

Ditemui di sela-sela pelaksanaan kegiatan, Kasubsi Regbimpas Lapas Banjar Deddy Pramudian mengatakan tahun ini bisa kembali menggelar kerja sama dengan CQ Foundation program IBBQ. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu sebanyak 120 orang.

“Pelaksanaannya dibagi menjadi 4 hari. Mulai tanggal 5 sampai 8 Oktober 2020 secara virtual. Alhamdulilah warga binaan sangat antusias, bahkan mereka awalnya malu karena tidak bisa membaca huruf Al-Quran, alhamdulilah mereka mulai dapat mengetahui dan membacara huruf Al-Quran,” terang Deddy.

Kalapas Banjar Bawono Ika Sutomo menyambut baik program IBBQ itu. Menurutnya, Cinta Quran Foundation dalam program IBBQ hadir dan membebaskan warga binaan Lapas Banjar yang buta huruf hijaiyah sudah berlangsung sejak 2017.

Dalam kurun waktu tersebut, sampai saat ini sudah sekitar 300 warga binaan Lapas Banjar telah mengikuti program IBBQ. “Program ini sudah kami tetapkan sebagai rencana kerja kami di tahun 2020, khususnya di bidang kerohanian warga binaan muslim,” terang dia. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.