Pemerataan Pembangunan di Garsela Jadi Dambaan Warga Garsela

23
Riana Abdul Azis. Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Pembentukan Garut Selatan (Garsela) menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) jangan hanya jadi wacana yang dihembuskan oleh pemerintah. Hal tersebut diungkapkan Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kabupaten Garut Riana Abdul Azis.

“Kami inginkan pembentukan DOB Garsel ini secepatnya dan tidak hanya wacana saja,” ujarnya saat dihubungi Rakyat Garut, Senin (18/3). Pihaknya ingin adanya kepastian dalam proses pemekaran, karena wacana itu sudah lama di gembor-gemborkan.

“Saya sebagai warga Garut Selatan sudah lelah dengan wacana pemekaran ini,” terangnya. Saat ini, kata dia, warga Garut Selatan sudah mendambakan realisasi pembentukan DOB. Hal itu untuk mengefektifkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Selama ini, wilayah Garsela dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai daerah tertinggal di Kabupaten Garut. Padahal, potensi sumber daya di wilayah Garut Selatan sangat banyak, baik pariwisata, pertanian dan lainnya. “SDM di selatan juga banyak yang berprestasi, dari tataran pemerintahan maupun yang kuliah di perguruan tinggi,” terangnya.

Kondisi saat ini, kata dia, wilayah Garut Selatan sudah pantas untuk dijadikan DOB. Karena semua fasilitas sudah tersedia, tinggal dioptimalkan. “Sudah saatnya Garsel mendapatkan perhatian lebih untuk memberdayakan apa yang dimiliki di wilayah Garut Selatan,” terangnya.

Dengan adanya pemekaran, maka optimalisasi pelayanan pemerintah kepada masyarakat bisa tercapai. “Sekarang ini untuk membuat e-KTP atau akta kematian saja harus menempuh jarak yang jauh,” terangnya.

Selain itu, pelayanan kesehatan seperti rumah sakit juga sangat jauh. Meski sekarang ada rumah sakit di wilayah selatan yakni Rumah Sakit Pameungpeuk, tetapi peralatannya belum komplet. “Kami ingin ada pemekaran, karena ingin ada pemerataan pembangunan dan Garut Selatan juga ingin maju dan mandiri,” paparnya.

Terpisah, Sekretaris Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Garut Ivan mengaku masih membahas dengan para mahasiswa lain terkait rencana pemekaran Garut Selatan. “Ini jadi bahan pembahasan kami sekarang ini,” terangnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.