Warga Ciamis Terdampak Bendungan Leuwikeris Tunggu Pencairan Ganti Rugi

506
0
Loading...

CIAMIS – Ketua Forum Pengawasan Dampak Pembangunan Waduk dan Bendungan (FPDPWB) Leuwikeris Anwar Solihin SPdI mengatakan, sejauh ini mendapatkan informasi pencairan dana penggantian tanah, yang terpakai proyek Leuwikeris, dilaksanakan Desember ini.

“Antara minggu ke satu dan kedua. Memang kalau tanggal belum ada kepastian, namun yang jelas bulan Desember ini akan cair yang tanah masyarakat terdampak Leuwikeris,” ujarnya Selasa (1/12).

Kelengkapan berkas-berkas untuk pencairan, kata dia, semuanya sudah diserahkan ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).
“Upaya kami akan terus memantau,” ujarnya. “Kalau tidak cair pasti kami akan aksi lagi,” kata dia menambahkan.

Baca juga : Diguyur Hujan, TPT Masjid & Bale Dusun Tambaksari Ciamis Roboh

Menurutnya, lahan yang terdampak Bendungan Leuwikeris berada di dua desa dan tiga kelurahan. Yaitu Desa Ciharalang dan Desa Handapherang, Kelurahan Cigembor, Benteng dan Linggasari. Adapun total dana yang harus dicairkan untuk warga sekitar Rp 400 miliar. “Harapan kami secepatnya bisa cair di Desember ini,” ujarnya.

Loading...

Dalam wawancara terpisah, Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana SH menjelaskan, sesuai kesepakatan awal saat audiensi November 2020 bahwasanya hak tanah milik masyarakat yang terdampak Bendungan Leuwikeris di Kecamatan Cijeungjing harus dibayarkan di Desember 2020.

Dia berharap pencairan pengganti tanah itu tepat waktu sesuai yang diharapkan masyarakat.

“Tentunya kami mengawal hal ini serta mendorong agar Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di Jakarta segera merespons aspari masyarakat tersebut,” ujar Nanang Selasa siang (1/12).

Sebelumnya, pada November 2020, PPK Pengadaan Tanah dari BBWS Agus Purnomo ST mengatakan intinya pihaknya menunggu surat dari Direktur LMAN. Saat ini masih dalam pemeriksaan di LMAN.

“Semoga secepatnya. Harapan bersabar karena semua kita lakukan menempuh prosedur, sega secepatnya beres,” ujarnya saat itu. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.