Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.3%

7.3%

70.3%

Warga Cigalontang Tasik Budidaya Ikan Koi, Ternyata Menjanjikan

341
0
PEMBIBITAN. Usaha budidaya ikan hias koi di Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang menjanjikan keuntungan, Kamis (2/7). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

CIGALONTANG – Ikan koi menjadi hal yang wajib bagi sebagian orang untuk dipelihara di rumah.

Selain warnanya yang cantik, ikan ini pun mempunyai daya jual yang cukup tinggi. Alhasil, itu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pembudidaya ikan koi ini.

Baca juga : 3 Maling Mobil Bak di Tujuguraja Kota Tasik Kepergok Pemilik, 1 Ditangkap 2 Kabur

Pembudidaya ikan koi asal Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang Senip Apniandi mengatakan, budidaya ikan koi ini cukup menguntungkan. Apalagi saat ini semakin banyak peminatnya.

“Alhamdulillah dalam satu bulan bisa meraup untung hingga Rp 10 juta dengan menjual ikan koi hasil budidayanya,” ujarnya kepada Radar, Kamis (2/7).

Kata dia, budidaya ikan koi ini awalnya hanya iseng, karena memang sudah sejak lama hobi dengan ikan hias jenis ini.

Kemudian ada teman memberikan ikan koi dan dipelihara serta dibudidayakan.

“Saya memanfaatkan halaman rumah untuk dijadikan kolam budidaya koi. Alhamdulillah setiap bulan bisa meraup untung Rp 10 juta,” ujarnya.

Lanjut dia, ketika diberikan ikan koi oleh temannya pada 2010 lalu, dirinya langsung menyukai dan mulai menggeluti memeliharanya. Termasuk mulai mencari referensi terkait jenis dan cara budidayanya.

“Setelah saya melihat bisnis ikan hias koi ini menjanjikan, akhirnya saya memberanikan diri membeli ikan dan melakukan pembibitan sendiri,” ujar dia.

Jelas dia, dari pengalaman pertama melakukan pembibitan sampai muncul ribuan larva. Kemudian dilakukan sortir menjadi sekitar 100 bibit ikan koi yang berkualitas baik.

“Dari hasil pembibitan ikan koi muncul koi berkualitas bagus mencapai enam bulan. Kalau larva itu ribuan, tapi kita pilih atau sortir lagi. Paling yang berkualitas ada 100 ekor kurang,” kata dia.

Menurutnya, dalam pembibitan ikan koi tidak berbeda dengan jenis ikan lainnya dan tidak ada perlakuan khusus dalam melakukan pembibitan.

“Hanya saja kualitas air harus diperhatikan, karena akan berpengaruh pada kualitas ikan koi itu sendiri baik dari bentuk bodi, ukuran bodi, corak dan warna,” tutur dia.

Dia menambahkan, kebetulan di daerah Cigalontang ini kualitas air atau sumber daya alamnya bagus. Airnya bersih dan jernih, karena sangat menentukan dalam kualitas koi.

“Dalam pembibitan itu, ketekunan yang menjadi kuncinya. Selain air, pakan juga harus dipilih yang sesuai keinginan, misalnya untuk corak dan warna itu pakannya beda,” jelasnya.

Selain mencari tahu informasi, Senip juga terus mencari pengetahuan terkait budidaya atau pembibitan koi.

Di antaranya pengalaman dari ikut sertanya di ajang kontes dan berdiskusi dengan pecinta atau pembudidaya ikan koi lainnya.

“Belajarnya saya sambil beli, misal saya beli satu ikan dari pembibit lain, nah sekalian ngobrol banyak soal kualitas air, kualitas pakan dan lainnya,” tuturnya.

Baca juga : Tekan DBD, Gratis Fogging di Seluruh Wilayah Kota Tasik

Senip sendiri memberi nama budidaya ikan hias koi Binakarya Mina Mandiri. Penjualan ikan koinya dikirim ke berbagai daerah di luar Tasikmalaya.

“Tidak hanya untuk pasar koi Tasikmalaya, saya juga memasok kebutuhan ikan hias di daerah lain seperti Bandung, Jakarta, Bali hingga Pontianak,” tambah dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.