Warga Cikalong Tasikmalaya Dapat Ilmu Panen Udang Vaname

131
0

KABUPATEN TASIK – Startup perikanan asal Yogyakarta yang berisikan anak-anak muda milineal, Jala Tech, mengadakan pelatihan teknis panen udang di dusun Sukamena, Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (12/11) lalu.

Pelatihan yang dihadiri 38 peserta dari berbagai usia ini menjelaskan alur dari kegiatan panen, bagaimana cara sortir udang sampai pada tahap packing udang yang baik.

Kemudian, pelatihan dilanjutkan dengan simulasi panen agar peserta dapat langsung mempraktekan ilmu yang telah didapat.

Acara ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar tambak udang agar memiliki kemampuan dalam kegiatan panen, sehingga dapat diberdayakan saat ada panen didaerah tersebut.

Dalam siaran persnya, pelatihan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker.

“Diharapkan para warga desa mendapat wawasan dan pandangan terkait pengelolaan kegiatan panen udang yang kedepannya dapat melibatkan masyarakat sekitar tambak.” ujar Nandang Sunandar, perwakilan dari tambak Nayotama Kelola Laut Indonesia yang berada di wilayah Desa Sukamena.

Fajri Muharram, perwakilan Jala Tech menambahkan, industri budidaya udang merupakan salah satu industri yang mampu berada pada sektor pesisir dan berdampingan dengan masyarakat.

“Keberadaan tambak di suatu daerah sudah seharusnya memiliki andil dalam meningkatkan ekonomi di wilayah tersebut,” tuturnya.

(rls/rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.