Warga Cimerak Protes Bau Limbah

72
PENCEMARAN LINGKUNGAN. Warga di sekitar lokasi PT Japfa Comfeed di Desa Sukajaya Kecamatan Cimerak merasa terganggu dengan polusi limbah berbau busuk.

CIMERAK – Sejumlah warga di sekitar lokasi pabrik di Desa Sukajaya Kecamatan Cimerak merasa terganggu dengan polusi limbah berbau busuk.

Salah seorang warga Dusun Babakan Jaya, RT/RW 04/05 Desa Sukajaya Kecamatan Cimerak mengaku mencium aroma tak sedap hampir setiap hari. Diduga, polusi limbah tersebut berasal dari pabrik tersebut.

“Setiap hari, hampir lima bulan ini kami harus bertahan dari asap dan aroma bau busuk bangkai ayam yang ditimbun,” ungkapnya.

Akibat polusi limbah itu, warga di sekitar lingkungan pabrik terancam kesehatannya. “Ada puluhan rumah, potensi penyakitnya sangat besar,” ujarnya.

Menurutnya, warga sudah mencoba bernegosiasi beberapa kali dengan pihak perusahaan, namun belum menemukan solusinya. “Sampai sekarang hanya janji manis saja,” kata dia.

Ia menambahkan sungai di sekitar blok Cihanju, Dusun Karangjaya juga su­dah mulai tercemar.  Air­nya sudah berwarna hitam pekat dan berbau.

“Lim­bah akhirnya mungkin di­buang ke sungai sehingga mu­lai tercemar,” tuturnya.

Dikata­kannya, sudah beberapa ka­li dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangandaran bah­kan dari Provinsi men­datangi pabrik tersebut, namun belum ada penanganan lebih lanjut. (nay)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.