Warga Cipatujah Dilatih Menganyam

85
ISTIMEWA PELATIHAN. Warga Desa Cipatujah mengikuti pelatihan anyaman bambu, Jumat (22/3)

CIPATUJAH – Sebanyak 16 warga di Desa Cipatujah diberikan pelatihan menganyam bambu oleh UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (22/3).

Kepala UPT BLK Kabupaten Tasikmalaya, Eman Sulaeman mengatakan pelatihan anyaman dilaksanakan selama 20 hari. Diharapkan memberikan keterampilan kepada masyarakat, sehingga bisa mandiri untuk mencari penghasilan. “Kegiatan ini bisa terselenggara berkat kerja sama dengan Pemerintah Desa Cipatujah,” paparnya.

Lanjut dia, pelatihan ini tidak dipungut biaya. Metode latihan yang diberikan mulai dari teori dan praktik. “Perbandingannya 30 teori dan 70 persen praktik,” terangnya.

Kata dia, kegiatan ini diharapkan bisa menekan angka pengangguran di Kabupaten Tasikmalaya. Karena, mereka diberikan keahlian untuk membuka usaha sendiri.

“Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kualitas masyarakat dalam bidang keahlian tenaga kerja. Peningkatan kualitas itu dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah kejuruan atau keahlian,” paparnya.

Kepala Desa Cipatujah, Sunaryo mengaku mendukung kegiatan pelatihan keterampilan yang diikuti oleh warganya.

“Pelatihan ini bisa menjadi pendapatan tambahan bagi warga dengan membuat anyaman bambu yang bisa dijual,” ungkapnya.

Sunaryo berharapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin. Sehingga, banyak masyarakat yang mendapatkan pelatihan keterampilan anyaman bambu. Dengan demikian, masyarakat memiliki keahlian untuk mendapatkan uang dan tidak ketergantungan dalam bekerja. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.