Warga Cipeuteuy Ingin Berubah

108
0
TULISKAN RENCANA. Ibu-ibu di Cipeuteuy RW 09 Kelurahan Sukalaksana Kecamatan Bungursari menuliskan rencana dan keinginan untuk melaksanakan hidup sehat dan bersih Kamis (4/7). TINA AGUSTINA / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

BUNGURSARI – Warga Cipeuteuy RW 09 Kelurahan Sukalaksana Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya berkeinginan mengubah dan memperbaiki fasilitas sanitasi di rumah mereka.

Hal terungkap saat pemicuan yang dilaksanakan Puskesmas Sukalaksana dan pendampingan Jawara ODF 2019, Menuju Sanitasi Aman dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kompleks MI Nurul Palah Kamis (4/7).

Nunuy salah seorang warga menuliskan keinginannya untuk bisa membangun septic tank di rumahnya pada tahun 2020. Begitu juga warga lainnya, Nunung.

Dalam kegiatan pemicuan terungkap masih banyak warga Cipeuteuy yang buang air besar ke kolam ikan milik warga lainnya. Kondisi seperti ini sudah berlangsung sejak lama. Namun setelah ada pemicuan dari puskesmas setempat, warga pun mulai tahu bahaya dari buang air besar ke kolam.

“Selama ini kalau buang air besar ke kolam. Di sini banyak kolam. Kadang masih ada yang nyuci di kolam juga. Kalau sudah tahu berbahaya, kami ingin punya septic tank untuk pembuangan,” katanya.

Teguh Prianto, SKM, sanitarian dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya memberikan arahan kepada warga bahwa pemicuan bertujuan mengubah perilaku masyarakat agar bisa hidup bersih dan sehat.

Salah satunya yaitu warga tidak lagi membuang air besar sembarangan. “Melalui pemicuan diharapkan masyarakat akan paham bahwa tinja yang dibuang di sembarang tempat berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya bisa menyebabkan stunting pada anak. Yaitu tumbuh kembang anak tidak sempurna,” tuturnya saat pemicuan.

Loading...

Suasana pemicuan yang diikuti sejumlah warga, cukup ramai. Apalagi saat petugas mengeluarkan replika tinja manusia, banyak peserta yang merasa jijik. Sehingga mereka pun tergerak untuk bisa memiliki septic tank sendiri. (tin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.