Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Warga Ciponyo Was-Was Jelang Musim Hujan

38
0

SUKARATU – Warga Kampung Ciponyo Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu meminta UPT PSDA Ciwulan-Cilaki segera menambah atau menyelesaikan pemasangan bronjong di Sungai Cibanjaran yang jebol beberapa waktu lalu.

Dede Tatang Solehudin (40), warga setempat mengatakan khawatir melihat kondisi Sungai Cibanjaran yang pemasangan bronjongnya belum tuntas. Apalagi, saat ini akan segera memasuki musim hujan yang jelas rawan kembali jebol dan air masuk ke permukiman serta lahan warga.

“Sejauh ini, UPTD PSDA baru memasang sebanyak 100 bronjong dari yang dibutuhkan 400 beronjong. Dikarenakan anggaran terbatas, waktu itu sekitar awal tahun menjanjikan akan mengusulkan untuk penambahan bronjong sebanyak 300 lagi. Jadi ini belum tuntas seluruhnya dan menjadi kekhawatiran warga,” katanya kepada Radar, Minggu (6/10).

Sampai saat ini, kata dia, di lokasi belum ada tanda-tanda akan ada penambahan bronjong untuk memperkuat tanggung yang sebelumnya jebol. “Warga meminta penambahan bronjong ini segera dilaksanakan, karena akan segera memasuki musim hujan yang bisa mengancam permukiman dan lahan pertanian warga,” katanya.

Warga lainnya, Mamat Husen (51) mengaku khawatir jika terjadi hujan deras tanggul yang belum sempurna perbaikannya bisa kembali jebol. Memang saat ini tidak terjadi apa-apa karena musim kemarau. “Khawatir ketika nanti musim hujan kembali datang, sementara tanggul belum sepenuhnya dipasang beronjong kemudian diterjang air yang deras bisa berakit kurang baik,” kata dia.

Maka dari itu, lanjut dia, warga meminta pihak terkait segera merealisasikan atau menyelesaikan perbaikan tanggul dengan pemasangan bronjong yang lebih banyak. Sehingga, ketika memasuki musim hujan bisa lebih kuat dalam menahan derasnya air di Sungai Cibanjaran.

“Warga menunggu apa yang telah dijanjikan pihak terkait yang akan menambah 300 bronjong lagi di tanggul yang jebol. Karena saat ini yang baru terpasang hanya 100 bronjong, sementara kebutuhannya 400,” katanya.

Koordinator SUP Cikaengan Ciwulan Ir Heri Prajitno membenarkan jika sebelumnya sudah memasang bronjong sebanyak 100 buah. Rencananya akan ada tambahan sebanyak 300 beronjong.

“Panjang sungai yang dipasang bronjong itu mencapai 66 meter. Nantinya beronjong yang 300 akan dipasang lagi di situ untuk memperkokoh agar ketika debit air tinggi air tidak kembali ke area pesawahan dan kolam warga melainkan normal seperti biasa sesuai jalur air tersebut,” katanya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.