Warga Desa Indragiri Ciamis Tanam Pohon di Kawasan Retakan Tanah

34
0
ISITIMEWA GOTONG ROYONG. Warga di Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan bergotong royong menutup retakan tanah dan menanam pohon, Minggu (31/1/2021).
Loading...

CIAMIS – Belum adanya kepastian relokasi warga yang terkena dampak retakan tanah di Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan, masyatakat secara gotong royong menanam berbagai pohon keras untuk meminimalisasi terjadinya retakan yang semakin parah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis Ana Rusliana kepada Radar, Minggu (31/1/2021).

Kata Ana, penanaman pohon ini baru pertama kali dilakukan. Ada sekitar 100 pohon dengan berbagai jenis yang sudah ditanam di sekitar retakan. “Memang harusnya lebih banyak lebih baik, tapi kami keterbatasan bibit pohon seperti mahoni dan lainnya. Mudah-mudahan ada yang bersedia menyumbang bibit,” harapnya.

Baca juga : Rumah Nenek Warga Cibeureum Ciamis Luluh Lantak Terbakar

“Penanaman pohon tidak hanya dilakukan di sekitar tanah yang retak. Melinkan melebar sekitar 100 meter dari lokasi untuk membuat kontur tanah semakin kuat. Untuk lebih aman kami mengharapkan secepatnya relokasi. Lokasi yang baru sudah dilakukan pengecekan dan dinyatakan aman. Sampai saat ini ada 14 rumah yang harus direlokasi dan sekarang tinggal menunggu pemerintah saja,” ujarnya, menambahkan.

loading...

Warga berharap dengan upaya penutupan retakan dan penanaman pohon bisa berdampak positif, minimal mengurangi retakan. Sehingga kondisinya tidak semakin parah dan melebar ke daerah lainnya.

“Mudaha-mudahan dengan gerakan seperti ini persoalan bisa tuntas dan warga bisa tinggal dengan nyaman tanpa khawatir,” katanya, menjelaskan.

Maman, warga Dusun Cilimus mengaku antusiasi dengan gotong royong untuk menutupi retakan dan penanaman pohon keras. “Alhamdulillah semua warga kompak melakukan pemulihan lingkungan. Mudah-mudahan semuanya bisa teratasi,” katanya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.