Warga Desa Simpang Garut Butuh Perbaikan Jembatan Rawayan

44
0
HATI-HATI. Warga berusaha melintasi Jembatan Rawayan Minggu (31/1). Warga berharap jembatan tersebut diperbaiki.
Loading...

CIBALONG – Warga Kampung Dahu Desa SimpangKecamatan Cibalong berharap perbaikan Jembatan Rawayan. Jembatan penghubung antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya tersebut kini kondisinya rusak parah.

“Jembatan ini rusak parahnya pas banjir bandang lima bulan lalu. Saat ini belum ada perbaikan dari pemerintah,” ujar Usup Supriatna (60), tokoh masyarakat Kampung Dahu kepada wartawan, Minggu (31/1).

Usup menerangkan aktivitas warga dari dua wilayah, yakni Desa Simpang Kecamatan Cibalong dan Desa Cijoho Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya menjadi terganggu. ”Rusaknya jembatan ini mengganggu terhadap ekonomi warga di sini, karena hasil bumi tidak bisa didistribusikan,” ujarnya.

Baca juga : 1 Februari Vaksinasi Serentak di Seluruh Puskesmas di Garut

Hasil bumi yang dihasilkan dari Desa Simpang, kata dia, yakni pisang, buah-buahan, kayu, dan beberapa hasil bumi lainnya. ”Memang ada lagi jembatan selain ini, tetapi jaraknya sangat jauh. Jadi memerlukan ongkos yang lumayan besar,” katanya.

loading...

Selain mengganggu distribusi hasil bumi, aktivitas anak-anak sekolah dan para pedagang dari dua wilayah ini juga terganggu. “Dari sini banyak anak-anak sekolah di Tasik, begitu juga orang Tasik ada yang sekolah kesini,” terangnya.

Usup mengatakan sejakJembatan Rawayan tersebut dibangun tahun 2006, memang belum ada perbaikan sama sekali dari pemerintah.

Ia juga menuturkan bahwa pada beberapa waktu lalu masyarakat dari dua wilayah saling bergotong-royong untuk memperbaiki jembatan tersebut, namun hasilnya tidak maksimal.

“Setelah kejadian jembatan sampai miring, masyarakat disini bergotong-royong dengan mengangkut bambu untuk menambal alasnya dan juga menarik kembali kawat penyangga yang mulai kendor. Tapi hasilnya alakadarnya,” katanya.

Abah Enong -sapaan akrab Usup- berharap pemerintah, khususnya Pemkab Garut bisa memperhatikannya. Pasalnya jembatan tersebut sangat membantu masyarakat di dua desa.”Kami ingin secepatnya diperbaiki, karena keberadaan jembatan ini sangat vital,” terangnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Jembatan Rawayan penghubung Desa Simpang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut dan Desa Cijoho Kecamatan Bojong Gambir Kabupaten Tasikmalaya menghawatirkan. Kawat yang digunakan untuk menyanggah sudah berkarat.

Besi di sisi-sisi pada jembatan tersebut pun penyambung lasnya sudah ada beberapa yang terlepas.Bahkan alas dari jembatan yang terbuat dari kayu banyak yang sudah rusak dan ditambal dengan bambu seadanya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.