Warga Diajak Kembangkan Potensi Desa dengan Bumdes

30

BANJAR – Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengajak seluruh warganya untuk mengembangkan usaha dan potensi yang ada di desa dengan memanfaatkan Badan Usaha Desa (Bumdes).

“Dengan adanya Bumdes bisa mensejahterakan masyarakat. Tidak ada lagi ketimpangan antara di desa dan kota pengembangan potensi atau usaha lainnya,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (10/1) seusai menghadiri LKPJ Bumdes Kujangsari di Aula Desa Kujangsari.

Selain itu, kata dia, dengan adanya Bumdes juga bisa menekan praktek rentenir di masyarakat.

Yakni dengan memanfaatkan Bumdes sebagai membangun usaha, sehingga masyarakat bisa terhindar dan tidak terjerat oleh rentenir.

Tak hanya itu, terang Walikota, sesuai program pemerintah Provinsi Jawa Barat harus bisa mengembangkan one village one produk atau satu desa satu produk dari potensi yang ada di desa.

“Apapun itu potensinya harus dikembangkan, apalagi potensi wisata yang dikembangkan maka akan banyak dikunjungi wisatawan,” ungkapnya.

Walikota berharap masyarakat desa bisa mengembangkan potensi yang ada di desa, supaya bisa mandiri dan sejahtera seperti Desa Ponggok di Yogyakarta. “Kenapa desa lain bisa, kita tidak. Yang penting ada kemauan,” tegasnya.

Kepala Desa Kujangsari, Mujahid mengaku siap mengembangkan potensi yang ada di desa.

Dalam menguatkan perekonomian masyarakat di desa salah satunya dengan memanfaatkan Bumdes.

“Harus ada terobosan baru dalam mengembangkan Bumdes, sehingga perekonomian meningkat, masyarakat pun sejahtera,” ungkapnya. (nto)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.