Heboh Air Mengalir Dari Tebing Gunung Galunggung, Warga Galunggung Diminta Tak Panik

816
0
AMBIL GAMBAR. Warga memotret munculnya air di atas tebing Gunung Galunggung kemarin (28/3).
Loading...

Munculnya fenomena air yang mengalir dari atas tebing Gunung Ga­lunggung di Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya dipastikan tidak membahaya masyarakat.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Galunggung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gradita Trihadi menjelaskan bahwa benar ada aliran air yang turun dari tebing ke arah bawah kawah Galunggung.

“Turun dari tebing barat daya, aliran air itu sudah lama terjadi. Hal itu terjadi karena gerusan dinding oleh aliran air kawah guntur yang berada di atas dinding Galunggung,” kata Gradita saat dihubungi Radar, Kamis (28/3).

Sebetulnya, kata Gradita, aliran dari atas tebing Galunggung sudah berlangsung sejak lama.

Namun akibat debit air karena intensitas hujan, maka terlihat air kembali mengalir.

Loading...

“Kemungkinan berdampak ke pemukiman sangat kecil, Tetapi kita menghimbau warga atau wisatawan untuk tidak turun ke bawah kawah karena potensi longsor tebing Galunggung masih ada,” ungkap dia.

Kemudian soal bahaya air dari atas tebing Galunggung, kata dia, tidak berbahaya. Sebab air yang mengalir tidak langsung masuk ke Sungai Cibanjaran atau Cikunir dari hulu Galunggung. “Akan tetapi, air tersebut masuk dulu ke kolam atau kubangan kawah Galunggung. Kemudian baru mengalir lewat Sungai Cibanjaran dan Cikunir,” paparnya.

Kabid Darlog BPBD Kabupaten Tasikmalaya Ria Supriana mengatakan sudah berkoordinasi dengan PVMBG soal aliran air yang mengalir dari atas tebing Galunggung. “Jadi pada intinya tidak membahayakan bagi pengunjung atau warga di sekitar Galunggung,” jelasnya.

Dia pun meminta masyarakat tidak menyebar begitu saja informasi yang membuat khawatir masyarakat khususnya di sekitar Galunggung.

“Jadi tolong jangan buat masyarakat panik dengan me­nyebarkan ke media sosial, se­belumnya kebenarannya di­pastikan,” tandasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.