Warga Garut Utara Minta Mekar

677
0
Bupati Garut H Rudy Gunawan diwawancara wartawan. Bupati menyebut aspirasi pembentukan DOB Garut Utara sudah lama diajukan. Bupati pun setuju terbentuknya kabupaten baru di wilayah Garut Utara.

TAROGONG KIDUL – Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM Gatra) melakukan pertemuan dengan Bupati Garut H Rudy Gunawan di ruang kerja bupati di Kompleks Perkantoran Senin (27/1). Pertemuan untuk membahas terkait rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Garut Utara.

Ketua PM Gatra Rd Holil Aksan Umar Zein mengajukan 11 kecamatan masuk dalam DOB Garut Utara. Nantinya wilayah Garut Utara diproyeksikan menjadi Kabupaten Limbangan. “Pengajuan ini bukan hal yang baru, tetapi sudah lama,” ujarnya.

Baca juga : Di Garut, Usai Pesta Miras, Pria Ini Gorok & Bacok Teman

Menurut dia, pemekaran wilayah Kabupaten Garut sudah layak dibagi menjadi tiga. Yakni Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Limbangan dan Garut Kota. “Tadi (kemarin, Red) sudah kami obrolkan dengan bupati. Katanya ideal kalau dibagi tiga. Kita juga sepakat semuanya,” ujarnya.

Saat ini pihaknya menyerahkan hasil verifikasi yang akan dilakukan oleh orang-orang ahli dan akademisi mengenai Limbangan: layak untuk jadi kabupaten atau tidak. “Kalau hasilnya layak, kita bersama siap untuk bekerja bersama Pemkab Garut dalam pemekaran,” kata dia.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan aspirasi pemekaran wilayah Garut Utara sudah diajukan sejak tahun 2012, sebelum dia menjadi bupati Garut. Saat itu muncul ide Garut Utara. “Nah sekarang ini sejalan dengan kebijakan bapak gubernur juga Pemkab Garut, kami sepakat ingin melakukan langkah-langkah secara konstitusional dan peraturan perundang-undangan dengan melakukan membentuk dan menyiapkan peraturan daerah (perda) tentang persiapan daerah kabupaten limbangan di daerah Garut bagian utara,” ujarnya.

Ia menuturkan kesepakatan itu selanjutnya akan diproses dengan DPRD, sehingga nanti di Prolegda tahun 2021 dijadikan perda. “Kami tidak menganggu yang selatan ya, tentunya proses itu dimulai dengan kajian-kajian tetapi secara politik saya selaku bupati memberikan persetujuan membentuk Kabupaten Limbangan,” ucapnya.

Baca juga : Di Garut Ada Kerajaan Kandang Wesi, Begini Kata Sang Raja..

Menurut Bupati, Kabupaten Limbangan sangat berpotensi, karena ada sumber panas bumi, industri, sumber daya alam dan sumber daya manusianya banyak, termasuk akses dengan Bandung.

“Untuk itu saya diminta untuk komitmen supaya segera diproses. Kalau sudah ada perda kan sifatnya mengikat, Insya Allah kami akan menyampaikan ini apalagi ada respon DPRD dan Garut juga berkepetingan Garut di bagi tiga wilayah,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.