Warga Harus Kawal, 2020 Jalan Mandalasari Puspahiang Tasik akan Diaspal

1061
0

PUSPAHIANG – Jalan Mandalasari Kecamatan Puspahiang sudah puluhan tahun dibiarkan rusak. Sampai saat ini, kondisinya pun semakin parah ditambah musim hujan yang menyulitkan untuk dilalui aktivitas warga, Minggu (8/3).

Herman (38), warga sekitar Jalan Mandalasari mengatakan kondisi jalan yang rusak seperti ini sudah cukup lama dan menyulitkan warga beraktivitas. Kondisinya semakin parah ketika musim hujan, bahkan terkadang bisa melumpuhkan transportasi akibat sangat sulit dan rawan apabila dilalui. “Bukan hanya menyulitkan saja, tapi buruknya jalan ini juga membahayakan pengendara,” ujarnya saat dihubungi Radar, kemarin.

Baca juga : Warga Harus Kawal, 2020 Jalan Mandalasari Puspahiang Tasik akan Diaspal

Kata dia, kerusakan ini hampir terjadi di semua bagian jalan. Bahkan sudah tidak lagi terlihat aspal yang menempel, kecuali hanya ada tanah dan bebatuan yang membuat jalan ini semakin tidak nyaman dilalui. “Jadi kalau yang memaksakan melintasi jalan ini harus ekstra hati-hati,” katanya, menjelaskan.

Maka dari itu, kata dia, warga mengharapkan kondisi jalan ini segera diperbaiki demi kelancaran aktivitas masyarakat yang selama ini terhambat dengan buruknya infrastruktur jalan. “Jalan ini merupakan sarana penunjang bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena jalan ini jalan penghubung antar desa yang sudah hampir 35 tahun belum diperbaiki,” katanya.

Sekdes Mandalasari Kecamatan Puspahiang Lili Suryadi membenarkan jika kondisi jalan tersebut rusak parah dengan panjang mencapai satu kilometer. “Jalan ini sudah lama rusak, belum pernah diperbaiki. Padahal jalan ini merupakan jalan aktif yang sering dilewati oleh warga sehari-harinya, bahkan sering dilalui angkutan umum elf Mandalasari-Tasik,” ucapnya.

Kata dia, selama puluhan tahun warga harus rela melalui jalan yang kondisinya seperti sungai kering. Sampai saat ini pun belum ada perbaikan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. “Jalan rusak ini sudah puluhan tahun. Sudah bosan mengajukan perbaikan jalan yang tak kunjung hasil. Tapi katanya di tahun ini akan ada perbaikan,” ujarnya.

Lanjut dia, pemerintah desa tidak bisa memperbaiki jalan tersebut, karena statusnya milik pemerintah daerah. Sehingga sudah selayaknya pemerintah secepatnya melakukan perbaikan jalan tersebut. “Kalau memang jalan desa, sudah dibangun dari dulu oleh kami. Tapi kan ini jalan kabupaten, jadi tidak bisa menggunakan dana desa,” katanya.

Terpisah, Kabid Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Permukiman (PUTRPP) Kabupaten Tasikmalaya Atep Dadi Sumardi mengatakan, Jalan Mandalasari Puspahiang untuk tahun ini masuk dalam kegiatan perbaikan pengaspalan. “Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa tuntas.

Tahun ini, kelihatannya cukup untuk 1 kilometer. Insyaallah tahun depan akan dilanjutkan untuk yang belumnya,” katanya, menjelaskan. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.