Warga Indragiri Ciamis Korban Tanah Retak Mulai Rapat Soal Relokasi

30
0
ISTIMEWA RAPAT. Masyarakat korban pergeseran tanah menggelar rapat di Aula Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Kamis malam (7/1). Mereka membahas soal relokasi.
Loading...

Warga yang terkena retakan tanah di Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis melakukan rapat dan mendiskusikan mengenai relokasi.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Indragiri Kecamatan Panawangan, Kamis malam (7/1).

Kepala Dusun Cilimus Desa Indragiri Ana Rusliana menjelaskan, warga korban terdampak pergerakan tanah, mendiskusikan mengenai persoalan apakah siap direlokasi? Mengingat masyarakat memang sudah mengungsi ke rumah saudaranya dan di rumah kosong.

“Untuk hasilnya, selama memang masyarakat siap untuk relokasi di tempat yang aman, namun mereka juga akan menunggu hasil keputusan dari (penelitian) Geologi seperti apa,” ujarnya.

Pada intinya, kata Ana, masyarakat saat ini tetap menunggu hasil keputusan Geologi.

Loading...

“Jadi mereka menginginkan kepastian dulu, apakah aman atau tidaknya ditempati di lahan tersebut. Karena memang masyarakat inginnya menunggu Giologi, pihaknya hanya menampung daripada aspirasi masyarakat saja,” ujarnya.

Baca juga : Dewan Ciamis Setuju Pembangunan Gedung Sekolah & Pemerintah Diaudit

Soal lahan untuk relokasi, kata dia, sudah ada, namun tetap menunggu hasil keputusan pemerintah.

Dihubungi terpisah Wiwin (45), salah seorang warga, menyampaikan bahwa untuk sekarang, pihaknya masih mengungsi ke rumah saudaranya, karena rumahnya sudah rusak parah dan tidak layak dihuni lagi.

“Makanya dari pertemuan rapat bersama warga lain sepakat tidak akan menempati tempat tersebut, harapan besarnya bisa direlokasi ke lokasi yang lebih aman,” ujarnya.

Namun demikian, dia bersama warga lainnya masih menunggu hasil penelitian tanah tersebut yang akan dilakukan Geologi.
“Saya bangun rumah itu mahal, namun apa daya karena tanahnya bergeser saya lebih baik pindah,” kata dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.